Jip and Janneke

Salam,
Apa kabar semua, ketemu lagi di kelas cerita anak ya. Kali ini kita akan menonton film. Horeee. Menonton merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama kalau ceritanya bagus. Nah, film yang akan kita tonton ini berjudul “Miaw, Miaw, Miaw”. Judul ini terdapat dalam seri Jip and Janneke. Apa itu Jip and Janneke? Yuk, kita intip sebentar seri ini.

Jip and Janneke merupakan buku serial anak yang sangat populer di Belanda. Pengarangnya bernama Annie M.G Schmidt. Kisah-kisah dalam seri ini sangat sederhana dan manis. Umumnya berkisar kehidupan keseharian anak-anak. Serial ini dulu pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diberi judul Tono dan Tini. Saya membaca kisah ini sekitar tahun1990. Kebetulan buku ini ada di perpustakaa SD saya dan boleh dipinjam (dibawa pulang). Saya kepincut buku ini sejak halaman pertama. Mungkin inilah my fist love at the first sight and read. Hingga sekarang saya tidak bisa melupakannya. Bertahun-tahun saya mencari buku ini di lapak buku-buku bekas, namun sosoknya tidak kelihatan, sampai-sampai saya pernah merasa patah hati karena tidak jua menemukannya.

tttt1

tt2tt4

Kobimois, sesuatu yang dicintai begitu sangat, pasti akan datang pada kita dalam berbagai variasi bentuk. Nah, itulah yang saya rasakan terhadap Tono dan Tini ini. Suatu hari, anak saya tiba-tiba berkata,
“Bu, tau nggak dengan kisah Tono dan Tini? Kata Bobo, kisah itu akan diterbitkan lagi dengan judul aslinya, Jip and Janneke.” Saya terkejut mendengar kata-katanya. Segera saya baca iklan Bobo mengenai Jip and Janneke itu. Jantung saya berdegup kencang. Ya ya, itu dia Tono dan Tini. Cinta pertama saya. Satu-satunya buku yang mampu membuat saya patah hati. Saya baca iklan itu berulang-ulang hingga hapal ke titik komanya. Belum pernah saya merasa seterikat ini dengan sebuah buku. Betapa bahagianya saya. Sungguh besar rasa terima kasih saya pada Gramedia yang berkenan menerbitkan buku itu lagi. Akhirnya, cinta pertama saya kembali.    

(*edisi curhat)

Okeh, nah abaikan segala curhat gak jelas di atas. Sambil nunggu Jip and Janneke edar di toko buku, mari kita tonton dulu kisah Jip and Janneke yang berjudul “Miaw, Miaw, Miau” ini. Ilustrasi di filmnya mirip dengan yang ada di bukunya. Cermati kesederhanaan ceritanya.

O ya, film ini berbahasa Belanda, tapi jangan khawatir, kita bisa mengerti kok maksud film ini hanya dengan menonton animasinya saja. Kisahnya nggak ribet, dan karena itu kita bisa dengan mudah menerka maksud dialognya.

Oke, langsung saja. Inilah JIP and JANNEKE dalam episode “Miaw, Miaw, Miaw”.

NB. Durasinya cuma dua menitan kok


 

 

gambar-gambar dari sini

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.