Resensi Novel By Your Side karya Bulan Nosarios

 

byys

Novel ini merupakan sejawatnya novel baruku “Love, Interrupted”. Kedua novel ini sama-sama mengantarkan penulisnya meraih penghargaan untuk kategori Penulis Berbakat dalam Lomba Amore Gramedia beberapa waktu lalu.  Novelku dan novel Bulan ini termasuk yang paling bontot diterbitkan. Pemenang diumumkan April 2013, sementara dua novel ini terbit Mei 2014. Nunggu setahun itu bikin nyesek (hikzz…) tapi itu juga melatih diri untuk sabar. Mudah-mudahan kesabaran kami berdua menghasilkan kesuksesan. AAAAMIIIN!! (teriak yang kenceng)

Novel By Your Side ini termasuk ke dalam tipe novel manis kinyis-kinyis seperti brownies. Bayangin aja brownies. Lembut digigit, manisnya lumer di lidah. Ceritanya sangat smooth. Berjalan perlahan, namun tanpa kita sadari membawa kita ke puncak cerita yang membuat kita berseru “oh!”

Ada beberapa novel yang gaya penceritaannya smooth begini. Salah satunya novel Alazhi Perawan Xinjiang karya Nuthayla Anwar. Novel Alazhi menceritakan perjalanan hidup tokoh hari demi hari, begitu lembut dan detil, hingga sampai ke titik dimana kita tenggelam dan tak bisa keluar dari dunia Alazhi. By Your Side juga begitu. Kisahnya dicicil hari demi hari. Kadang kita menemukan kilas balik ke masa lalu yang membantu kita memahami hidup dan pikiran si tokoh di masa kini.

By Your Side mengisahkan lika liku cinta Kania dan Erga. Mereka adalah dua sahabat yang saling menyimpan perasaan suka, namun tidak punya jalan untuk menyampaikannya. Sebagai penulis, Bulan mencicil kisah cinta ini sedikit demi sedikit, bikin pembaca gemas karena sepertinya kedua orang ini maju mundur dalam menyatakan perasaannya. Novel ini bukan sejenis kisah cinta yang meledak-ledak. Ceritanya sangat lembut konfliknya pun tidak terlalu tajam. Namun, justru di situ keunggulannya. Seperti aliran sungai yang tenang, tanpa sadar novel ini membawa kita hanyut dan tenggelam. Keunggulan lain dari novel ini adalah alur cerita yang sangat rapi serta warna-warni dunia dokter yang berkelindan manis sepanjang cerita. Kehidupan Kania sebagai dokter bukan sekadar tempelan saja. Di novel ini kita dibawa untuk menyelami pahit manisnya hidup sebagai dokter.

Tak banyak novel cinta Indonesia yang mengambil latar dunia kedokteran. Terakhir yang kutahu adalah novel-novel cinta karya Mira W. Bagi kamu yang suka dengan lika liku dunia dokter, kukira buku ini adalah pilihan bagus.

Selamat dihanyutkan By Your Side.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.