Tokoh Antagonis Paling Tidak Terlupakan Dalam Cerita Anak-anak

Pengarang yang sukses bukan cuma sekadar mampu membuat tokoh protagonis yang diingat pembaca dalam waktu lama, tapi juga bisa membuat tokoh antagonis yang disukai. Kelihatannya paradoks ya. Bagaimana bisa sosok antagonis mendapat tempat di hati pembaca? Well tentu saja bisa, dan tandanya satu: pembaca selalu penasaran dengan kehadirannya.

Tokoh antagonis cukup banyak hadir di buku-buku anak-anak. Berikut ini ada daftar sembilan tokoh dalam cerita anak-anak yang paling tidak terlupakan. Daftar ini sebagiannya kucomot dari tulisan Lucinda Everett di situs Telegraph
1. Jadis, Ratu Narnia dalam The Lion, The Witch and The Wardrobe karangan C.S Lewis

Jadis adalah ratu dengan kecantikan dan kekuatan fisik yang luar biasa. Yang menarik dari karakter Jadis adalah kemampuannya untuk memperdaya Pevensie, salah satu tokoh anak-anak hingga Pevensie rela bertarung melawan saudara-saudaranya sendiri.
2. Lord Voldemort dalam novel Harry Potter karya  J.K Rowling

Lord Voldemort adalah penguasa kegelapan yang mampu membuat ribuan penyihir tunduk dan setia padanya. Yang paling menarik dari Voldemort adalah, kemampuannya untuk memecah diri ternyata menjadi bumerang, saat salah satu pecahannya ternyata terlempar ke dalam jiwa Harry Potter, musuh abadinya. Kejar-kejaran yang terjadi antara ia dan Harry Potter serta klimaks pertemuan mereka di buku terakhir menjadi peristiwa yang tak mudah dilupakan.

3. Miss Trunchbull dalam novel Matilda karya Roald Dahl

Matilda mungkin novel terbaik Roald Dahl. Berkisah tentang kehidupan Matilda di sebuah sekolah yang dikuasai oleh Miss Trunchbull. Yang membuat Miss Trunchbull tidak terlupakan adalah kemampuannya menunjukkan wajah baik di depan para orang tua murid, sementara di belakang mereka ia berlaku kejam terhadap anak-anak.

4. Shere Khan dalam The Jungle Book
Mowgli termasuk karakter tokoh anak-anak favorit di seluruh dunia. Ia adalah seorang anak yang dibesarkan oleh para srigala. Shere Khan adalah harimau yang ingin membinasakan Mowgli, namun usahanya selalu gagal karena perlindungan  yang diberikan kaum srigala

5. Cruella de Vil dalam One Hundred and One Dalmatians

Karakternya sangat kuat hingga kita susah melupakannya setelah berkenalan. Cruella de Vil sangat terobsesi dengan mantel yang terbuat dari kulit totol-totol anjing Dalmatians. Ia melakukan segala cara untuk menangkap anjing-anjing ini.

6. The Grinch dalam buku-buku karya Dr. Seuss.

Tokoh The Grinch sangat unik. Ia muncul dengan wajah yang merupakan gabungan anjing, monyet dan rubah. Kemunculannya pertama kali ada dalam buku Dr Seuss yang berjudul How the Grinch Stole Christmas. Yang paling unik dari tokoh The Grinch adalah, dia ternyata tidak sepenuhnya jahat. Ia memiliki hati baik yang mudah tersentuh.

7. Ratu Merah dalam Alice in Wonderland

Ratu Merah adalah penguasa Wonderland. Ia nyaris tak punya hati. Ratu yang satu ini punya pasukan unik berupa kartu-kartu remi yang bisa diperintah.
8. Captain Hook dalam Peter Pan
Kurasa semua penikmat cerita anak sudah tahu lag ya dengan tokoh yang satu ini. Dia adalah raja bajak laut di Neverland, dan obsesi satu-satunya adalah mengejar Peter Pan dan teman-temannya.
9. Boggies, Bunce and Bean dalam Fantastic Mr Fox

Boggie, unce dan Bean adalah para petani dan peternak yang sangat serakah namun pelit. Obsesi tunggal mereka adalah menangkap Mr. Fox, seekor rubah yang mereka tkuti akan mencuri seluruh hasil ternak dan kebun mereka. Mereka menggunakan segala cara untuk menangkap Mr. Fox, termasuk dengan menggunakan traktor untuk menggali bukit tempat Mr. Fox tinggal. Lucunya, saat ketiga orang tersebut sibuk mencari, Mr. Fox dengan kecerdikannya justru mengajak teman-temannya untuk menggerayangi seluruh hasil kebun dan ternak Boggies, Bunce dan Bean. Oh, ya, well, sebenarny aku juga nggak tahu yang mana antagonis dan protagonis di sini, karena tindakan mencuri yang dilakukan Mr. Fox juga tidak baik, meski di buku Dahl, ditunjukkan betapa teraniayanya dia. Namun, setidaknya ada satu pesan moral yang bisa diambil dari buku yang sudah difilmkan dengan judul sama ini, yaitu: jika engkau terlalu sibuk memikirkan hal-hal remeh, kau akan melupakan urusan yang lebih besar.

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.