Buku yang Orang Berbohong Pernah Membacanya

Artikel ini terinspirasi dari artikel berjudul sama dalam bahasa Inggris, yang dipublikasikan di sini. Judul artikel itu The Top Ten Books People Lie About Reading, atawa 10 Buku yang Orang-orang Berbohong Pernah Membacanya. Sederhananya, daftar tersebut berisi buku-buku super beken, yang saking bekennya, ada orang-orang yang merasa malu bila ketahuan belum pernah membacanya. Nah, aku mencoba menyusun pula daftar buku serupa berdasarkan pengalaman subjektifku berbincang-bincang dengan orang yang sebenarnya suka membaca, dan sering membicarakan buku-buku ini, tapi bila ditanya lebih jauh soal buku tersebut, para pembaca ini gelagapan. Ada juga orang-orang yang merasa sudah pernah membaca buku-buku dalam daftar berikut, tapi sebenarnya belum, yang mereka baca cuma sinopsis atau bahkan sekadar ulasan orang-orang. Yuk, kita lihat daftar buku-bukunya. 

1. Tetralogi Buru, terutama judul yang paling terkenal, Bumi Manusia, karya Pramoedya Ananta Toer

Novel ini bisa dikatakan sudah menjelma menjadi kanon dalam jagad sastra Indonesia. Buku-buku ini dianggap wajib dibaca, terutama oleh para mahasiswa sastra, penikmat sastra, bahkan aktivis. Buku ini juga merupakan salah satu simbol perlawanan terhadap Orde Baru. Siapa saja yang membacanya sering dianggap keren, sementara yang belum–terutama aktivis dan kaum intelektual–akan dianggap aneh. Itu sebabnya, sebagian orang mengaku sudah membaca buku ini meski sebenarnya belum.

 

2. Roman Siti Nurbaya karangan Marah Rusli

Novel ini menjadi kanon, karena nilai-nilai yang ada di dalamnya dianggap relevan hingga saat ini. Roman ini sudah pernah diangkat menjadi sinetron, diulas ratusan kali dan muncul dalam buku-buku Bahasa Indonesia di sekolah. Kisah Siti Nurbaya sangat terkenal, saking terkenalnya hampir mirip folklore, diceritakan dari mulut ke mulut, dari puisi ke puisi, lagu ke lagu. Hampir semua orang tahu seperti apa jalan cerita Siti Nurbaya, karena itu, bila ada orang yang ternyata tidak mengetahuinya akan dianggap aneh. Ini juga salah satu sebab kenapa sebagian orang berbohong sudah membaca Siti Nurbaya, meski sebenarnya mereka hanya membaca sinopsis atau ulasan novel ini saja.

 

3. Teori Evolusi, Charles Darwin

Teori ini sangat terkenal, dan banyak yang sudah mengetahuinya karena teori ini dipelajari di sekolah. Tapi, membaca teori Darwin di buku sekolah, berbeda halnya dengan membaca teori ini langsung dari buku Darwin sendiri. Mungkin ini sebabnya kenapa banyak yang mengaku sudah membaca teori evolusi Charles Darwin, padahal sebenarnya yang mereka baca hanya pembahasan teori ini di buku-buku sekolah

4. Biografi Nabi Muhammad SAW

Salah satu yang dianggap memalukan adalah, belum membaca biografi Nabi Muhammad SAW (khusus bagi umat muslim). RasulullahSAW dianggap sebagai figur yang patut diteladani, dan dengan demikian tidak membaca kisah hidupnya dianggap sebagai aib. Kisah hidup Rasulullah dituliskan di buku pelajaran agama, diceritakan oleh para ustad, guru-guru di sekolah dan orang tua, mungkin ini juga salah satu sebab, kenapa sebagian orang merasa sudah membaca biografinya, padahal belum.

Nah, kamu bisa menambah judul-judul buku ini dalam daftar kamu sendiri, berdasarkan pengalaman pribadi, atau orang lain

🙂

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.