7 Hal Tentang Mahabharata yang Mungkin Kamu Nggak Tahu

Dari berbagai informasi di buku Mahabharata versi Nyoman S. Pendit dan sumber-sumber lain, aku membuat semacam daftar hal-hal yang mungkin hanya diketahui sedikit orang tentang epos ini. Berikut daftarnya.

1. Umum diketahui Mahabharata ditulis oleh Mpu Wyasa atau Vyasa, tapi tahukah kamu kalau Vyasa bukanlah nama orang, Vyasa adalah julukan untuk para penulis epos ini. Konon ada 28 Vyasa yang menyusun kisah Mahabharata hingga menjadi seperti sekarang.

2. Dalam tradisi yang terdapat di Mahabharata, seorang istri berada di sisi kiri suaminya, sementara anak perempuan, ada di sebelah kanan. Itulah sebabnya kenapa Pandawa dan Drupadi marah besar pada Duryodhana saat sulung Kurawa itu menyuruh Drupadi duduk di sebelah kirinya, setelah Yudhistira kalah taruhan. Konon, penghinaan inilah yang membuat Khrisna turun tangan menyelamatkan Drupadi saat pihak Kurawa berusaha melecehkannya.

3. Khrisna dicintai banyak perempuan. Konon istri Khrisna lebih dari enam belas ribu orang. Salah satu keistimewaan Khrisna adalah dia mampu mencintai setiap istrinya dengan cara yang diinginkan setiap istri itu. Wow.

4. Mahabharata terdiri atas banyak bingkai cerita, salah satunya kisah cinta antara Satyavati dan Resi Parashar. Satyavati adalah anak seorang nelayan yang biasa membantu orang-orang menyebrangi Sungai Yamuna dengan perahunya. Suatu hari ia menolong Resi Parashar yang kemudian jatuh cinta karena kebaikan dan kecantikannya. Percintaan mereka menghasilkan seorang anak, Vyasa. Setelah Satyavati melahirkan, Resi Parasar memberikan berkatnya hingga Satyavati kembali perawan.

5. Mahabharata untuk pertama kalinya dibacakan oleh murid Vyasa di rumah peristirahatan Raja Janamejay. Ia adalah putra Parikesit, cucu Abimanyu, cicit Arjuna.

6. Duryodhana, sulung Kurawa, lahir di hari yang sama dengan Bima, putra kedua Pandawa (atau putra ketiga Kunti, karena anak pertama Kunti adalah Karna yang ia hanyutkan di sungai, lalu diangkat anak oleh sais kereta. Karna besar tanpa tahu bahwa ia adalah putra bangsawan).

7. Arjuna menjelma kasim di tahun terakhir pembuangannya. Ada cerita menarik soal ini. Bertahun-tahun sebelumnya, Arjuna digoda oleh Apsara Urvashi, tapi Arjuna menolaknya. Apsara Urvashi marah lalu mengutuk Arjuna menjadi seorang kasim. Kabar baik dari kutukan ini adalah, Arjuna bisa memilih waktu yang tepat untuk menjalani kutukan tersebut. Di tahun terakhir pembuangannya, saat ia bersama saudara-saudara Pandawanya dan Drupadi menyamar jadi orang biasa di istana Raja Wirata, Arjuna menjalani kutukan ini. Ia menjadi seorang guru musik dan tari di situ dengan nama Bruhannala. Ternyata, selain mampu memanah, tokoh Pandawa yang paling ganteng ini juga bisa menari.

 

Share Button

One Reply to “7 Hal Tentang Mahabharata yang Mungkin Kamu Nggak Tahu”

Leave a Reply

Your email address will not be published.