10 Buku Paling Memikat yang Pernah Kubaca

Okeh aku nulis ini sambil mendengar lagu-lagu Rossa–ada hubungan gak ya?– dan lagu-lagu Rossa yang melow sungguh mengharu biru perasaanku siang ini dan mempengaruhi untuk memilih buku mana yang paling mengesankan. Jadi, alih-alih mo nulis buku Dr. Jeckyll and Mr Hyde aku kayaknya akan masukin novel Love, Interrupted dalam daftar. Oh, itu novelku sendiri ya >_< Berarti gak bisa dong. Gak boleh narsis ya >_<

Hihi gak perlu panjang-panjang lagi, berikut ini kukasi aja daftar sepuluh buku paling memikat yang pernah kubaca, berikut alasannya.

1. GODFATHER

Aih,  masih perlu gak ya aku bilang alasan menyukai novel ini? >_< Kayaknya ini novel sepanjang masa deh. Berkali-kali dicetak ulang dan berkali-kali pula diangkat ke layar lebar. Novel ini te-o-pe banget deh! Deskripsinya oke, karakternya kuat, jalinan ceritanya mantap. Ini salah satu novel tentang mafia terkeren yang pernah kubaca. Sungguh mengesankan bagaimana Mario Puzo membangun karakter Don Vito Corleone yang begitu dingin dan kejam di satu sisi namun humanis di sisi lain. Perpaduan kekejaman dan kebaikan begitu kentara dalam diri sang Don. Bahkan dalam bentuk narasi pun aku bisa membayangkan sosoknya sebagai seorang yang tak terlawan, tak terkalahkan. Kekuatajn karakter yang ada dalam sosok-sosok sentral di Godfather inilah yang membuat aku sangaaaaat suka novel ini. Pun ketika diangkat ke layar lebar, aku tetap suka. Marlon Brando berhasil memerankan sosok sang Don yang dingin dan angkuh dan….ganteng pastinya >_< dengan caranya sendiri.

2. PERFUME

Aku suka novel ini. Siapapun yang sudah baca mungkin paham mengapa aku menyukainya. Novel ini sangat deskriptif, utuh dan penuh, bahkan mendekati perfect gitu. Dari lima bintang aku akan ngasi rating 5,5 untuknya. Kekuatan novel ini ada pada deskripsi yang komplit, permainan psikologis yang luar biasa, serta keluguan yang dipaparkan bersama kekejaman. Satu lagi yang istimewa, ide ceritanya. Novel-novel tentang kriminalitas banyak dibuat orang, tapi menyuguhkannya dengan cara Perfume, sedikit yang bisa melakukannya. Patrick Suskind satu diantara yang sedikit itu.

3. ORANG-ORANG SICILIA

Okeh, ini novel Mario Puzo lagi. Perlukah kukatakan betapa aku ngefans sama dia? hihi. Puzo selalu berhasil membawa kejutan dalam cerita-ceritanya. Di novel ini ia mengisahkan sosok Guilliano tanpa sekalipun pembaca berinteraksi dengannya. Satu-satunya cara kita mengetahui bagaimana itu Guilliano adalah dari perjalanan seorang Amerika (aku lupa namanya) yang berkelana untuk mencari tokoh perjuangan rakyat Sisilia ini. Puzo menawarkan satu kebaharuan mungkin ya, tentang teknik bercerita yang tidak melibatkan tokoh utama secara langsung. Dia jenius!! Aku pernah membuat review tentang Guilliano dan dimuat di Koran SInggalang. Artikelnya bisa dibaca di sini.

4. GENOM

Serius, aku suka sekali buku ini. Genom merupakan buku tentang genom manusia yang ditulis oleh Matt Ridley. Ridley menguraikan setiap genom dengan bahasa yang mudah dipahami. Banyak kejutan dalam setiap bab genom. Satu kalimatnya yang paling melekat di ingatanku sampai saat ini: ‘nalar adalah bahasa yang terucapkan’.

5. A DOG’S LIFE

Novel ini berkisah tentang seekor anjing yang sejak bayi terlantar, lalu dikebiri. Kisahnya menyedihkan banget hikz…hikz…sangat menyentuh. Sang penulis, Ann M. Martin adalah seorang anggota pecinta hewan, dan ia banyak menghabiskan waktu untuk mengurus anjing-anjing yang terlantar. Wajar jadinya cerita ini begitu menggugah. Setelah membaca novel ini aku jadi teringat anjingku dulu. Waktu masih SMP aku punya anjing yang gagaaaaah sekali. Warna bulunya putih dan coklat. Namanya Bodot. Aih, namanya emang jelek, tapi fisiknya gagah. Ibuku yang ngasi nama Bodot. Emang ngeselin juga sih, kok bisa-bisanya ibuku ngasi nama aneh bin ajaib gitu. Kan bisa Frengki, Bonnie, Rugby, Mollie. Tapi, lupakanlah soal nama. Kata Shakespeare apalah arti sebuah nama. Seekor anjing yang gagah, biar dikasi nama Bodot sekalipun tetap saja gagah >_<. Si Bodot ini tiap ketemu aku selalu melompat-lompat dan bersorak-sorak. Kami berdua –bertiga dengan adikku–sering main kejar-kejaran. Larinya cepaaat sekali–ya iyalah– Kalau udah dibawa jalan sore dia hepiii banget. *duh mendadak kangen. Lalu suatu hari dia muntah-muntah, gak lama setelah itu mati. hikz…hikz. Pemilihan novel A Dog’s Life ke dalam daftar buku ini memang 50%nya dipengaruhi faktor emosional. Tapi, buku ini asli bagus dan karena itu amang layak diganjar penghargaan Newberry Award (CMIIW ya)

6. SEJARAH TUHAN

Oh, ini buku keramat. Ditaruh berjejer di rak bersama buku-buku Karen Amstrong lainnya, The Great Tranformation, Jerusalem, Berperang Demi Tuhan, Muhammad Nabi Zaman Kita, Muhammad: Biografi Sang Nabi dan Menerobos Kegelapan. Seluruh buku-buku Armstrong masuk daftar buku paling memikat (berarti daftar ini mestinya udah penuh ya >_<) Yang palling mengesankan dari Armstrong adalah, saking terpesonanya pada Rasulullah SAWW, dia menulis buku tentang beliau sampai dua kali. Yang aku suka dari dia, epistemologi pemikirannya jelas dan kuat sekali.

7. KIAI BEJO, KIAI UNTUNG, KIAI HOKI

Sama seperti buku-buku Karen Armstrong, buku-buku Cak Nun (Emha Ainun Nadjib) pun masuk ke dalam daftar buku paling memikat. Ada hal-hal yang sangat subtil dan menggugah kesadaran dalam setiap tulisannya. Aku nggak ingat punya berapa buku beliau, yang jkelas banyak deh. Buku-bukunya sampai ditempatkan dalam satu kolom rak tersendiri. Sekarang beliau jarang nulis di koran nasional ya *atau aku yang jarang baca koran, banyakan buka web berita aja >_<

8. INTELEGENSIA MUSLIM DAN KUASA

Buku karya Yudi Latif ini recommended banget, terutama bagi yang ingin mengetahui genealogi muslim Indonesia abad 20. Nggak cuma ini, buku-buku beliau yang lain juga masuk daftar buku paling memikat (kalau dijumlahin total buku yang disebut di artikel ini kayaknya lebih 15 deh >_<)  misalnya Negara Paripurna dan Menyemai Karakter Bangsa. Aku suka membaca pemikiran beliau tentang bangsa ini. Beberapa waktu lalu muncul wacana menjadikan beliau menteri pendidikan di era Pak Jokowi, kalau memang ya, aku sungguh setuju. Beliau pantas menjadi menteri pendidikan Indonesia.

9. PALACE OF ILLUSIONS

Mengapa aku suka novel karya Chitra Banerjee Divakaruni ini? Sederhana, novel ini menyuguhkan kisah Mahabharata dari sudut pandang berbeda. Sejak diposting, thread review buku ini selalu menjadi Most Popular Post di webku. Sila baca reviewnya di sini

10. HISTORY OF ARABS

Philip K. Hitti sang penulis buku, membentangkan berabad-abad sejarah Arab di buku yang sangat tebal ini. Aku terpikat pada ketekunan, keseriusan dan kedalaman pembahasannya. Betapa panjang waktu yang ia butuhkan untuk menulis buku ini. Menurutku, kita harus menaruh respek yang sangat tinggi kepada sejarahwan seperti beliau. Bila tidak ada orang-orang seperti Hitti, kita akan buta sejarah. Kita akan menjadi seperti yang dikatakan Goethe, ‘orang yang tidak pernah mengambil pelajaran dari masa 3000 yang lalu hidup tanpa memanfaatkan akalnya’. Bagaimana bisa mengambil pelajaran jika tidak ada sejarahwan yang memaparkan sejarah itu bagi kita? di situlah istimewanya orang-orang seperti Hitti. Disitulah daya pikat buku ini.

 

Well, sebenarnya masih banyak lagi buku yang ingin kumasukkan ke daftar, tapi karena aku cuma mau kasi 10 buku (yang sepertinya tidak terpenuhi karena aku menyebut lebih dari satu buku Karen Armstrong >_<) maka cuma seginilah daftarnya. Kenapa cuma ada sedikit buku orang Indonesia? hihi…kalau dikembangkan jadi 20 Buku Paling memikat, maka buku sisanya adalah milik para pengarang Indonesia seperti Pramoedya Ananta Toer, Seno Gumira Ajidarma atau AS Laksana >_< kapan-kapan aku mau nulis daftar 10 Buku Penulis Indonesia Paling Mengesankanku. Mungkin aku akan memasukkan buku Wiro Sableng di situ, buku yang menjadi kawan mainku waktu kecil >_<

Okeh…sekian dulu. bye 🙂

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.