Saat Anak-anak Mencari Harta yang Paling Berharga

Ini adalah resensi Attar dan Peta Beliyaka yang ditulis Janabijana di laman facebooknya.

Selamat Membaca 🙂

 

10402894_10202053620860615_2969711396744115892_n
Apa yang akan dipikirkan anak-anak, jika mereka menemukan sebuah peta misterius? Ya, Attar menemukan peta tua di loteng rumahnya. Ia mengira kalau peta itu adalah peta harta karun . Maka, ia pun berpamitan pada ayah dan ibunya. Walau pun mereka keberatan, namun Attar tetap berangkat. Ia pergi bersama Bebe, landak albino kesayangannya.

Dalam perjalanannya, ia menemukan banyak tempat aneh. Dari sebuah kota yang penduduknya tidak mau bicara, ia melewati kota yang selalu hujan. Ia juga singgah di daerah yang tergenang air. Semua itu membuat ia merasa tidak bahagia. Bukan hanya itu saja, gambar dalam peta itu juga bisa bergerak sendiri. Attar benar-benar bingung. Hingga akhirnya, ia bertemu seorang bapak tua yang memberitahu tentang peta itu. Peta itu adalah peta Beliyaka.

Jadi, apa itu peta Beliyaka? Apa yang diinginkan Attar jika ia berhasil menemukan harta karun? Ternyata, Attar benar-benar menemukannya. Harta karun yang sangat berharga.

***

Cerita Uni Maya Lestari Gf ini memang sederhana namun unik. Gaya berceritanya khas bahasa anak-anak. Ia mengajarkan pada orang tua dan anak-anak tanpa kesan “menggurui”. Ada banyak poin penting dalam buku ini: imajinatif,kegigihan, kasih sayang dan kedekatan antara orang tua dan anak-anak. Hebat sekali, cerita Attar dan Peta Beliyaka ini masuk dalam nominasi buku fiksi anak terbaik Islamic Book Award 2014.

Attar dan Peta Beliyaka adalah buku pertama dari serial Attar. Sebenarnya masih ada dua buku lagi, yaitu Attar dan Alamat yang Hilang serta Attar dan Panci Ajaib. Sayang, kedua buku terakhir itu masih dalam “perjalanan”. Saya rekomendasikan buku ini untuk Adit dan adik-adiknya di Trenggalek. Terimakasih buat Uni yang telah mengirimkan buku ini sebagai hadiah dari kelas Cerita Anak Kobimo. Salam manis kami dari Pustaka Jana.

Judul Buku : ATTAR dan Peta Beliyaka
No. ISBN : 9786029760682
Penulis : Maya Lestari GF
Penerbit : Al-Kautsar Kids
Terbit : Februari 2013
Jumlah Halaman : 23 Halaman
Teks : Bahasa Indonesia

Janabijana dan Attar,
Pustaka Jana, 14 Oktober 2014

Share Button

2 Replies to “Saat Anak-anak Mencari Harta yang Paling Berharga”

Leave a Reply

Your email address will not be published.