Resep Sederhana Kue Bolu

Kata orang, lancar kaji karena diulang. Nah karena saya begitu ingin pandai membuat kue bolu yang lezat, empuk dan mengembang dengan baik, saya berulang-ulang membuat kue ini. Mulanya gagal 🙁 trus mulai berhasil, trus gagal lagi. Begitu terus selama bertahun-tahun sampai akhirnya saya memutuskan berhenti membuatnya. Merasa nggak punya bakat sama sekali.

Tapi eits…anak-anak saya suka ngemil, nggak mungkin kan kalau saya membeli kue terus? akhirnya tekad untuk bisa bikin kue bolu membesar lagi. Saya kembali mencoba dan gagal. Sedih banget, padahal saya udah mencoba membuat kue sesuai resep. Akhirnya saya memutuskan menemukan resep sendiri. Syukur, di percobaan yang keseratus sekian, saya berhasil menemukannya. Resep ini disesuaikan dengan diri saya yang sukanya praktis aja. Nah, saya akan bagi resep itu di sini

Resep-resep kue bolu saya punya resep dasar yang sama. Setelah semua resep dasar ini diaduk, baru dimasukkan aneka bahan tambahan yang membuat rasa setiap kue bolu berbeda. Jadi, kalau saya ingin membuat kue bolu aneka jenis, saya tinggal melipatgandakan takaran resep, lalu membagi adonan menjadi beberapa bagian dan memasukkan aneka bahan tambahan ke setiap adonan. Misalnya, pisang, tape, coklat, keju dan selai blueberry. Mungkin aja resep ini sama dengan resep-resep orang lain saya nggak tahu. Yang jelas semua takaran ini saya temukan sendiri dengan bantuan alat ukur yang bernama sendok makan >_< (maksudnya biar mudah gitu)

Resep dasar kue bolu:

3 butir telur itik (saya dan keluarga tidak suka telur ayam petelur. Kami biasanya mengkonsumsi telur itik atau telur ayam kampung)

8 sdm gula pasir

8-10 sdm tepung terigu

1/5 gelas minyak goreng (saya pakai minyak kelapa karena selama ini kalau menggoreng saya biasanya memang pakai minyak ini. Makanan yang digoreng dalam minyak kelapa lebih enak. minyak warisan nenek moyang orang Indonesia ini juga lebih sehat (sudah pernah diteliti))

1/2 sdt baking soda (pengembang kue)

Cara membuat:

1. Campurkan telur dan gula, lalu mikser dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan putih.

2. Masukkan tepung. aduk. (jangan dimikser ya)

3. Masukkan minyak. aduk

4. masukkan pengembang kue.

5. Panggang sekitar 15-20 menit. Tusuk bagian tengah kue dengan garpu, kalau nggak ada lagi adonan kue yang melekat di garpu, berarti kue udah masak.

6. Kue matang dan siap dihidangkan.

Cara membuat kue aneka rasa.

Caranya gini, setelah langkah 1-4 selesai, masukkan bahan yang kita mau. Biasanya, kalau saya masukkan tambahan bahan seperti pisang dan tape, jumlah tepungnya 8 sdm aja, tapi kalau nggak masuk bahan apapun, jumlah tepungnya 10 sdm. Begitu.

Beberapa bahan yang saya masukkan ke dalam kue (yang membuat setiap kue punya rasa yang jauh berbeda) adalah:

pisang, tape, durian, selai coklat dan selain blueberry. Takaran bahannya untuk resep dasar di atas seperti berikut (ini berdasarkan pengalaman saya aja ya)

1. Pisang 2 bh

2. Tape 1 bungkus (di sini jualnya perbungkus. Saya masukin aja semua tapenya. Jumlahnya kira-kira 1 1/2 ons)

3. Durian 6-8 biji (tergantung ketebalan ya. kalau dagingnya tebal sekali tentu jumlahnya lebih sedikit)

4. Selai coklat. Saya memasukkan sekitar lima sendok selai coklat ke adonan

5. Selai blueberry. Sekitar 5-7 sendok selai.

Berdasarkan eksperimen saya di atas, mungkin kita bisa juga memasukkan selain nanas, stroberi, kurma, dll ke adonan ya

 

Di bawah ini kue bolu selai blueberry

 

2014-12-28 09.14.42

Share Button

2 Replies to “Resep Sederhana Kue Bolu”

Leave a Reply

Your email address will not be published.