Mengenal Lima Bagian Plot Cerita dan Cara Mengolahnya (bag. 5)

Sebenarnya resep menulis novel itu sederhana saja. Ciptakan tokoh, beri dia masalah, beri solusi. Nah, kisah tokoh dari saat ia menemukan masalah hingga menyelesaikannya disebut plot. Plot yang baik adalah plot yang terus menerus mengikat pembaca, menarik mereka untuk maju dari satu halaman ke halaman berikut. Satu-satunya cara pembaca melepaskan diri dari novel itu adalah dengan menyelesaikannya.

Secara umum, novel-novel seperti itu memiliki lima tahapan plot berikut:writing tips

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut ini adalah contoh plot Lord of the Ring.

Masalah: Frodo menemukan cincin Sauron yang dibawa Bilbo Baggins. Gandalf mengetahui kekuatan jahat cincin itu, lalu bersama raja Elf berinisiatif untuk mengumpulkan sekutu guna menghancurkan cincin itu ke kawah Mordor

Rencana: Sembilan sekutu bersama-sama membawa cincin itu ke kawah Mordor. Setiba di sana, cincin itu akan dilempar ke kawah Mordor.

Masalah terselesaikan.

Kenyataannya, rencana itu berantakan. Frodo dan tiga temannya terpisah dari lima sekutu lain yang bertugas mengawal mereka ke Mordor. Frodo pun akhirnya terpisah dari dua hobbit lainnya. Hanya Samwise Gamgee yang tetap bersamanya. Di tengah perjalanan, mereka bertemu Smeagol yang sangat menginginkan cincin itu dan melakukan berbagai upaya licik untuk mendapatkannya

Lima sekawan yang bertugas mengawal Frodo terpisah. Gandalf sang penyihir yang memiliki kekuatan dahsyat bahkan jatuh ke jurang api. Saruman, sahabat Gandalf ternyata pengkhianat, ia adalah kaki tangan Sauron. Dalam keadaan begitu, pasukan Orc bertambah kuat dan siap menyerang. Perhatian lima sekawan ini akhirnya terpecah.

Berikut contoh plot yang umum ditemukan dalam novel-novel populerwriting tips2

 

 

 

 

 

 

 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.