Bagaimana Caranya Supaya Bisa Konsisten Dalam Menulis?

Gimana caranya agar ide nulis dan mood untuk nulis itu selalu konsisten, gak nulis pas galau aja?

Pertanyaan Okvina Juita

Setiap orang punya cara yang berbeda untuk bisa konsisten, tapi setidaknya ada enam rumus umum konsistensi

  1. Motivasi. Tetapkan apa motivasimu. Misal, untuk mengasah kemampuan menulis, untuk mewariskan cerita keseharian pada anak supaya dia bisa belajar tentang kehidupan kelak dari cerita-ceritamu, dll. Tanpa motivasi, sulit meneguhkan hati. Jika kamu sulit menemukan motivasi menulis, berarti mungkin kamu lebih tertarik hal lain.
  2. Milikilah target jumlah buku yang harus dibaca setiap bulan. Kamu sulit menemukan cara untuk menuliskan sesuatu bila jarang mengisi kepala dengan ide dan kata-kata. Bagaimanapun, tulisan itu sebenarnya muntahan isi kepala, orang nggak mungkin memuntahkan sesuatu yang tak ada. Minimal bacalah 5 buku perbulan. Ingat, itu jumlah minimal, bukan maksimal.
  3. Kamu harus menemukan metode menulis yang menyenangkan supaya bisa konsisten. Sebaiknya tetapkan semacam rutinitas harian. Bisa dimulai dari menuliskan rencana dan harapanmu hari itu.
  4. Berinvestasilah pada buku catatan. Jika disain buku catatanmu menarik, boleh jadi kamu akan terdorong untuk menulisinya terus. Sekadar bagi pengalaman, saya punya beberapa buku catatan yang disainnya bagus sekali menurut selera saya (rada gotik gitu, ada juga yang vintage). Saya selalu membawa satu atau dua catatan kemana-mana. Kadang, saat menunggu sesuatu saya menyempatkan diri untuk menulis. Sekadar mengeluarkan lintasan-lintasan ide. Saya punya tiga buku catatan. Pertama catatan rencana harian, kedua catatan lintasan ide, ketiga catatan mimpi.
  5. Teguhkan niat, buang rasa malas. Bila tak ada mood, tulis aja kalau kamu gak ada mood. Serius. Kamu bisa menulis seperti ini: hari ini ingin menulis, tapi gak ada mood. Sebenarnya bagaimana sih cara meningkatkan mood itu. Memang sih, aku sudah membaca berbagai tips untuk meningkatkan mood, tapi tetap aja gak mempan. Nah, jadinya kamu nulis juga kan ^_^
  6. Ide nulis gak ada? Mungkin karena kamu beranggapan bahwa yang dimaksud menulis itu adalah menghasilkan cerpen, novel atau artikel opini. Menulis itu sejatinya mengungkapkan pikiran. Jika sesuatu itu bisa kamu pikirkan, berarti bisa kamu nyatakan, kalau kamu bisa menyatakan, berarti pasti bisa pula kamu tuliskan. Kamu punya pendapat tertentu tentang teman-temanmu? Sila tulis. kita bisa menyebutnya dengan tulisan. Kamu punya rencana dan harapan? tuliskanlah, hasilnya juga disebut tulisan. Intinya, temukanlah hal-hal sederhana, lalu tuliskan.Masih merasa buntu? Mungkin karena kamu belum terlalu keras berusaha. Cobalah lagi.Ganbatte! 
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.