Serunya Workshop Penulisan Buku Seri Budaya Nusantara Kemdikbud

Maret 2017 sungguh bulan yang penuh kejutan buatku. Pertama, tanpa terduga aku bepergian ke luar Sumatra sebanyak dua kali, kedua, aku bertemu orang-orang yang sudah lama ingin kutemui dan ketiga aku diperjalankan Tuhan ke tempat yang sungguh ingin kutuju. Semuanya terjadi karena menulis. Ya itu. Baiklah aku akan cerita tentang perjalanan pertamaku Maret ini yang dimulai dari sebuah postingan di grup Penulis Bacaan Anak.

Pada suatu hari …. ehemm, aku membaca postingan kalau ada seleksi penulis untuk menulis buku cerita anak yang akan diterbitkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Aku tertarik karena aku bukan cuma penulis buku cerita anak tapi juga praktisi pendidikan untuk anak. Aku mendirikan komunitas Kelas Kreatif Indonesia yang berfokus pada pengembangan literasi anak usia sekolah dasar. Nah, aku mendaftar disertai harapan tim seleksi akan menerimaku.

Alhamdulillah, setelah tiga minggu aku menerima kabar menggembirakan. Aku dihubungi Mbak Ranny dari Kemdikbud kalau aku terpilih jadi tim penulis buku Kemdikbud. Waahh … tak terkira bahagianya aku. Meski begitu, di satu sisi aku juga merasa sedikit waswas, eh, mungkin lebih tepat berhati-hati ya, karena menulis buku untuk pendidikan anak itu tanggung jawabnya luar besar.

Pada 6-8 Maret 2017 aku kemudian mengikuti workshop penulisan buku seri Pengenalan Budaya Nusantara untuk anak SD di Amaroosa Grande, Bekasi. Ada tiga penulis dari Sumbar yang lolos, mereka adalah Novia Erwida yang karyanya wara-wiri di Bobo dan Eci FE yang buku cerita anaknya sedang antri terbit di dua penerbit.

Workshop itu ternyata seru sekali. Selain banyak ilmu yang didapat, aku juga ketemu beberapa penulis cerita anak yang buku-bukunya disukai anak-anakku, seperti Izzah Annisa yang imut-imut, Bebi Haryanti Dewi yang kalem manis tapi asyik diajak bergurau dan teh Tethy Ezokanzo yang jumlah bukunya udah seabreg-abreg itu. Aku juga ketemu Mbak Nurhayati Pujiastuti. Beliau menyempatkan diri datang bersilaturahmi dengan kami semua.

Buku Seri Pengenal Budaya Nusantara ini merupakan program Kemdikbud yang bertujuan untuk mengenalkan keragaman budaya nusantara kepada anak-anak di seluruh Indonesia. Tahun ini adalah tahun kedua. Nantinya buku ini akan diilustrasi oleh Pawon Art dan diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. Kalau melihat buku seri yang sama pada tahun lalu, wuiihh … insyaallah hasilnya bakal keren. Buku tahun lalu berwarna, ilustrasinya banyak dan cantik, dijamin anak-anak bakal suka. Setiap penulis akan menulis satu buku yang berisi budaya atau cerita rakyat dari daerah mereka. Untuk memandu penulisan inilah diadakan workshop, setelah itu para penulis ini akan melakukan riset yang didampingi tenaga ahli Kemdikbud.

Aku sangat antusias dengan program ini. Rasanya gimana gitu ya membayangkan buku yang kutulis dibaca anak-anak di seluruh Indonesia. Aku berharap upaya ini diridhai oleh Allah sehingga bisa memberi manfaat, sekecil apapun itu, untuk Indonesia. Amin….

 

#1hari1cerita

 

Share Button

3 Replies to “Serunya Workshop Penulisan Buku Seri Budaya Nusantara Kemdikbud”

Leave a Reply

Your email address will not be published.