5 Toko Buku Kecil yang Bisa Memberimu Inspirasi

Berada di sebuah toko buku besar itu menyenangkan ya. Ruangannya luas dan buku-bukunya pun banyak. Kita jadi punya beragam pilihan buku. Tapi, toko buku kecil pun bisa tampil sangat keren lho. Pengunjung bisa aja betah berlama-lama di situ. Nah, berikut ini 5 toko buku kecil yang bisa memberimu inspirasi, jika suatu saat kamu ingin punya toko buku sendiri, tapi ruangan yang kamu punya kecil. Hayuk cekidot.

Toko Buku Word on the Water di Kingscross Granary Square, London

Toko buku ini  ini berada di atas sebuah kapal kecil di London. Pemiliknya adalah Paddy Screech dan Jonathan Privett. Toko yang khusus menjual buku bekas ini sangat populer di Inggris. Tahun 2015 lalu toko ini terancam tutup karena pemiliknya khawatir mereka tidak bisa menemukan tempat berjualan yang permanen, pasalnya, setiap dua minggu sekali, toko kapal ini harus pindah ke pelabuhan lain sesuai kebijakan yang berlaku. Masyarakat buku London yang mencintai toko ini akhirnya membuat petisi yang ditandatangani 6000 orang agar pemerintah memberikan tempat yang permanen. Akhirnya, toko ini diizinkan tinggal di Kingscross Granary Square.

Wuah, ide membuat toko kapal di sungai ini keren banget ya. Karena Indonesia punya banyak sungai, cocok banget nih dicoba 😀

Toko Buku Golden Hare Books di Stockbridges, Inggris

Toko buku ini sangat unik karena setiap buku didisplay secara cermat. Spiritnya adalah one book one place. Setiap buku diperlakukan istimewa di sini. Pemilik tokonya melakukan kurasi yang sangat cermat terhadap buku-buku yang akan mereka jual. Jadi, bisa dibilang toko ini sangat segmented. Tapi, di situlah letak positifnya, karena sangat segmented, maka mereka mudah membentuk komunitas baca, dan pelanggan mereka selalu ada. Toko ini juga rutin mengadakan pertemuan klub pembaca.

Bricklane Book Shop

Toko ini masih berlokasi di Inggris, tepatnya di kota London bagian timur. Toko ini sangat terkenal di London karena kurasi buku-buku yang dijualnya. Mereka memiliki hampir semua buku-buku pemenang penghargaan. Tak cuma itu, mereka juga membuat penghargaan buku sendiri bernama Alternative Booker Prize. Toko ini punya klub baca sendiri yang rutin menyelenggarakan pertemuan.

Old Niagara Book Shop

Toko buku kecil ini terletak di Kanada. Toko ini menjadi istimewa karena menjual buku-buku klasik eksklusif yang sudah sulit didapatkan. Toko ini sangat terkenal di kalangan turis dan menjadi salah satu tujuan wisata di Kanada

The World Smallest Bookshop

Sesuai namanya, toko buku ini benar-benar kecil.Halamannya berkali lipat lebih besar dari tokonya sendiri. Toko ini sangat unik karena harga semua buku dipukul rata 3 dollar. Toko ini terdapat di Toronto, Kanada. Yang unik, bil pembayaran berisi pertanyaan sebagai berikut: Mengapa aku suka buku? 1. karena buku itu tidak berisik. 2. Buku tidak menginterupsi 3. Buku sangat mudah dibuka, dll.

Keren-keren ya ide toko-toko buku kecil di atas. Nah, ini saya tambahin dua toko buku lagi sebagai bonus. Toko buku pertama mudah-mudahan bisa jadi inspirasi buat  kamu yang pingin punya toko buku tapi belum punya cukup uang untuk nyewa tempat

Minosegi Konyvek, Budapest

Ini adalah toko buku gerobak, terletak di dekat taman kota Budapest, Hongaria. Toko buku ini khusus menjual buku-buku bekas.

Nah, berhubung saya suka dengan literatur anak, bonus toko buku kedua ini adalah toko buku yang khusus menjual buku cerita anak.

Tale on the Moon Lane

Toko ini terletak di London, milik pengarang cerita anak Tamara Mc Farlane. Toko ini menjual buku cerita bergambar, novel dan puisi khusus untuk anak di bawah usia 18 tahun. Semua buku di sini dikurasi dengan baik. Toko ini juga rutin mengadakan kegiatan mendongeng dan membacakan buku cerita untuk anak

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.