Menu Berbuka Hari ke 6

Oke, meski sebenarnya ide ini telat datang, tapi gak papalah ya. Yang penting ada. Hehehe. Baru sebentar ini kepikiran memosting menu Ramadhan di rumah. Hitung-hitung buat menuhi target #1hari1cerita yang udah gak tau deh kemana itu.

Oke, balik ke topik.

Dalam dunia permasakan, saya ini bisa dibilang menganut aliran bohemian, atawa bebas teori. Jadi, kalau di buku resep bahannya ini itu, saya bisa aja mengubahnya jadi xyz. Bahkan, kalau lagi mood, saya bisa aja ngarang-ngarang resep sendiri. Hasilnya kadang enak kadang nggak. Lebih banyak enggak sih sebenarnya 😬😬. Jadi, menu-menu di sini harap jangan terlalu dipercaya. Just believe in your own instinct, ok? 

Pada hari keenam Ramadan ini menu berbuka kami adalah dendeng balado+terong, tumis teri+telur puyuh dan sayur bayam merah. Masih ada sisa makanan yang kemarin, jadi saya panasin buat dimakan sore ini. Minumannya adalah jus semangka dan makanan ta’jilnya pisang bakar saus nangka. Nah, saya akan kasih resep dua menu ta’jil ini.

JUS SEMANGKA

Jus ini rasanya segar banget. Bahannya semangka, jeruk nipis, gula pasir, air secukupnya dan daun mint (opsional)

Cara membuat:

1.blender semangka. Karena kami berlima, maka saya ngeblend sepertiga semangka ukuran 3,5 kg.

2. Larutkan gula pasir dalam setengah gelas air panas lalu masukkan ke dalam jus semangka

3. Beri perasan jeruk nipis secukupnya. Sebaiknya jeruk nipisnya dua buah bila porsinya untuk lima orang.

4. Beri daun mint (opsional aja)

dinginkan di kulkas. Dua menit jelang berbuka tuangkan ke gelas.

 

PISANG PANGGANG SAUS NANGKA

Ini enak banget, suer.

Bahan:

pisang kepok secukupnya, disesuaikan dengan kebutuhan

nangka

santan

garam

gula

cara membuat:

1. Kupas pisang kepok, panggang, trus gepengin dikit. Saya gepenginnya pake gelas aja (memang nggak patut ditiru cara saya masak)

2. Rebus santan, gula pasir secukupnya, garam dan nangka. Setelah mendidih, angkat, dinginkan sebentar, trus blender hingga nangkanya halus

3. Hidangkan pisang kepok panggang bersama sausnya

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.