Menu Berbuka Hari Ketujuh

Hari ini saya janji bikinin ayam kremes untuk anak-anak. Setelah nyari resep kesana kemari akhirnya dengan pede saya mencoba satu resep yang saya temukan dengan tambahan satu bahan: merica. Yes, saya memang murid yang nggak patuh. Hasilnya … mengecewakan. Uhuk uhuk. Rasanya enak sih, tapi kremesnya nggak jadi. Malah mirip dadar. Hwuedeeeh.

Menu berbuka hari ini adalah onde-onde pandan, bolu labu dan semangka squash kw 7 haghaghag. Resep semangka squash ini sudah saya posting kemarin ya. Sebagai ganti soda saya menggunakan jeruk nipis. Insyaallah lebih sehat.

sore ini, sebelum si ayah mengantar anak-anak pergi les, saya sudah wanti-wanti supaya jangan beli apa-apa di luar. Saya perlu menekankan ini karena setiap puasa tiba, si ayah selalu mencari kue kibas kemana-mana dan membelinya dalam porsi banyak. Saya udah nyoba bikinnya, tapi gagal hikz … Memang di dunia permasakan saya ini amatiran aja belum hikzhikz ….

Sore ini dengan semangat saya bikin menu berbuka itu. Saya menggunakan daun pandan untuk memberi warna onde-onde. Sebenarnya bukan cuma onde-onde aja sih, di semua makanan yang butuh pewarna saya biasanya memakai yang alami. Lebih sreg aja gitu. Nah, pada pukul 18.00 WIB hidangan siap dan saya tinggal nunggu si ayah pulang bersama anak-anak.

Tapi apa yang kemudian terjadi? Si ayah membeli kue kibas dalam porsi banyak. Hwadooh, bisik saya dalam hati, ni si ayah gimana sih padahal udah dibilangin tadi nggak usah beli apa-apa. Pasti nggak bakalan kemakan. Dugaan saya benar. Begitu bedug, makanan yang diambil semua orang di meja makan adalah makanan yang saya buat. Onde-ondenya lezat kata si ayah, bolu labu kejunya lembut banget. Kibas cuma dimakan dua biji dari 30 biji yang tersebar di enam tusuk sate. Huhuhuhu …. Pengen nangis-nangis rasanya. Mubazir kan jadinya.

Si ayah yang kemudian menyadari kesalahannya bilang, “cuma uweh-uweh aja ini.” Dalam bahasa Minang uweh-uweh bisa diartikan dorongan hawa nafsu. Saat masih puasa seluruh makanan kayaknya lezat disantap, tapi begitu bedug … ya gitu deh.

ya, udah, berikut ini saya kasi resep bolu labu keju dan onde-onde saya. Kayaknya nggak penting banget deh resep ini ya, karena semua orang udah tahu hahaha. kalaupun ada yang beda dari resep saya mungkin kesederhanaannya. Saya nggak suka bahan dan proses yang ribet.

BOLU LABU KEJU

Kue ini lembuuut banget. Saya bikinnya 30 menit aja.

bahan:

2 bh telur (saya pakai telur itik, kalau pakai telur ayam mungkin 3 bh ya)

5 sdm gula pasir, 5 sdm terigu (terigunya penuh dan menggunung ya di sendoknya)

keju kecil yang harganya 5 ribu itu. Saya lupa merknya (halah)

2 sdm minyak goreng dan satu gelas labu rebus yang sudah diblender (blendernya jangan pakai air ya)

Cara membuat:

kocok telur+gula dengan kecepatan tinggi sampai mengembang, lalu masukkan terigu, labu yang udah diblender, minyak goreng dan keju yang sudah diparut. Panggang selama 25-30 menit (pokoknya sampai matang deh)

Hidangkan.

 

ONDE-ONDE PANDAN

rasanya lezat banget karena pakai pandan asli.

bahan: gula aren yang sudah dipotong kecil-kecil, tepung ketan (sesuai kebutuhan), perasan daun pandan (blender dengan air secukupnya), kelapa parut, garam.

cara membuat:

1. Masukkan air pandan ke tepung ketan, aduk sampai bisa dipulung.

2. Bentuk bulat kecil, masukkan potongan gula aren ke dalamnya. Bulatkan lagi.

3. Rebus di air mendidih sampai mengapung.

4. Gulingkan di kelapa parut yang sudah dicampur garam. Jangan lupa kelapanya dikukus ^_^

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.