Menu Berbuka Hari Kesebelas

Udah lama banget saya pingin bikin pizza kayak gini. Rasanya, kalo udah bisa bikin, super banget gitu 😀😀😀. Akhirnya saya belajar cara bikin pizza dari berbagai resep di internet, mulanya gagal, lalu gagal lagi, kemudian tambah ancur, mulai menyerah, trus semangat lagi, dan akhirnya sukses. Yes. Sukses adalah buah sekian kegagalan. Makanya, kalau kamu gagal, yakin aja dalam hati, kalau kegagalan itu cuma rangkaian jalanmu menuju sukses 😊😀

Nah, kali ini saya tidak akan bikin resep pizza, karena udah banyak yang lebih ahli dari saya nulis resepnya, tinggal googling aja. Kali ini yang mau saya bahas adalah toppingnya. Yes! Kalau udah jago bikin roti pizzanya, maka soal toping bisa diatur sesuai keinginan kita.

Saya kurang suka topping jadi, maksudnya, memakai topping yang banyak di pasaran, mulai dari saus cabe dan tomat, sampai bakso atau sosisnya. Kecuali keju, karena saya belum bisa membuatnya sendiri, saya selalu bikin sendiri semua toping itu. Bikinnya gampang, pun lebih sehat karena lebih alami. Untuk saus tomat atau cabe, misalnya, bahannya cuma empat, cabe 7 bh, bawang merah 7 bh, bawang putih 3 bh, tomat 1 bh, plus garam. Mau pedas atau nggak tergantung selera. Kalau mau pedas, banyakin cabenya, kalau mau lebih manis, banyakin tomatnya. Gitu aja.

nah, semua bahan di atas rebus sampai empuk, lalu blender, trus saring bijinya. Nah, jadi deh saus tomat/cabenya. Kalau mau lebih manis, bisa ditumis sedikit bersama bawang bombay dan daun bawang. Saya biasanya menambahkan bawang bombay supaya rasanya lebih sedap.

nah, gimana bakso atau sosisnya? Sama, saya bikin sendiri juga. Di internet bertebaran cara membuatnya, tinggal googling. Keuntungan bikin bakso sendiri adalah, dagingnya lebih banyak, dan bebas dari msg atau perasa buatan. Sebenarnya, perasa daging itu (alias kaldu) bisa dibuat sendiri kok dari rebusan daging+garam. Bikinnya pun cepat.

Soal keju saya memang belum bisa membuatnya. Sering sih saya googling cara bikinnya. Di teori sih udah tahu, dan rasanya saya bisa membuatnya karena semua bahan ada di pasar (susu sapi murni+cuka apel/perasan jeruk lemon), tapi, ya mungkin nanti-nantilah saya buat kalau ada waktu luang.

Untuk sementara, saya pakai keju Kraft Quick Melt saja dulu yang kemampuan melelehnya nyaris sama dengan keju mozarella yang muahal binggittsszz itu.

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.