Menu Berbuka Hari Kelimabelas

Ini apa namanya? Entahlah. Yang jelas ini resep hasil (lagi-lagi) karangan sendiri. Dibilang gulai lado hijau, bukan, dibilang gulai kurma, juga bukan, soalnya bumbunya nggak lengkap, nggak cukup untuk bilang ini gulai anu atau itu. Jadi, mari kita kasi nama saja ini Daging Cabe Hijau.

Daging Cabe Hijau yang satu ini enak banget. Suer. Untuk diketahui, rahasia membuat gulai minang yang enak itu adalah, banyakin bawang merahnya. Kalau bisa, perbandingan bawang merah dan bawang putihnya minimal 8:2. Daging Cabe Hijau ini bawang merahnya hampir 20 bh. Saya blender bawang bersama semua bumbunya sampai halus. Ya, blender memang senjata andalan saya. Kalau dulu ibu saya mengandalkan batu giling yang bikin tangan kapalan itu, kalau sekarang yah … gitu deh. Untuk apa teknologi kalau nggak dimanfaatkan, ya nggak 😊😀. Tapi, ibu saya biasanya nggak setuju kalau saya pakai blender, soalnya rasanya jadi sedikit beda. Ya, emang sih. Kalau diblender, cabenya kan dipotong, kalau digiling, cabenya dikoyak. Efek nikmatnya beda.

Okeh, mari kita intip resep sederhana Daging Lado Hijau ini.

Bahan

Daging 1/4 kg

15 bh bawang merah, 2 bh bawang putih, jahe 1 cm, lengkuas 1 cm, kunyit 1,5 cm cabe hijau 7 bh (tapi jadinya pedas kata anak saya, kalau anda nggak suka pedas, kurangi aja jumlah cabenya). Blender semua sampai halus

daun salam 2 bh, daun jeruk 3 bh, daun kunyit 1 lembar, sereh 1 btg

santah kental 1 gelas

air untuk merebus daging secukupnya

Cara membuat

Rebus daging sampai empuk dan keluar kaldunya, beri garam. Jangan biarkan airnya kering. Kalau air tinggal sedikit, tambah segelas lagi. Masukkan bumbu halus dan daun-daunan. Setelah 5 menit, masukkan santan. Biarkan mendidih selama lima menit. Angkat.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.