Ternyata Komik Bisa Mengatasi Masalah Belajar Remaja

Siswa Anda mengalami masalah dalam belajar? Mungkin komik bisa menjadi alat terapi baginya. Itulah yang dilakukan The Urban Assembly Bronx Academy of Letters, sebuah SMA negeri di New York City. Sekolah ini terletak di Bronx Selatan, sebuah kawasan miskin dengan angka kriminalitas yang tinggi. Sebagaimana yang dilansir dari Theatlantic.com (21/5/2017), banyak siswa di sekolah tersebut menderita kegelisahan yang tinggi, mudah marah, dan membangkang pada guru yang diakibatkan ketidakstabilan hidup. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak sekolah membuat PASS Room (Postivie Alternative of School Suspension), sebuah ruangan nyaman yang dilengkapi sofa dan komputer. Setiap hari 25-30 siswa dikirim ke ruangan ini untuk mendapat terapi, di antaranya terapi membuat komik.Menurut Lauren Fardig-Diop, penanggung jawab ruangan tersebut, ada perubahan prilaku yang tampak setelah siswa diminta membuat komik sebagai bentuk terapi. Para siswa tersebut jadi lebih percaya diri dan lebih mudah mengatasi kecemasan-kecemasan mereka. Membuat komik strip membantu mereka untuk mengemukakan perasaan-perasaan negatif yang terpendam. Lebih jauh lagi, komik strip juga membantu mereka untuk menyusun ide dan mempresentasikannya dengan baik dan teratur.

Bill Zimmerman, seorang penulis yang juga kreator situs makebeliefcomix.com,seperti yang dikutip dari situsnya (3/6/2017), menyatakan bahwa membuat komik dengan berbagai karakternya selain bisa meningkatkan kreativitas juga bisa digunakan sebagai terapi untuk remaja termasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Ini disebabkan komik merupakan media menyenangkan, bisa dibuat di mana saja dan kapan saja, dan yang penting ruang eksplorasinya sangat luas.

Manfaat lain terungkap dalam hasil riset yang dilakukan oleh konsultan pendidikan Janete Combs yang tertuang dalam laporannya yang bertajuk Creating Comics: Visual and Verbal Thinking in the Ultimate Show and Tell yang ia publikasikan di situsnya Janettekennedy.com (diakses 3/6/2017). Menurutnya, membuat komik menjadikan siswa belajar bagaimana menerjemahkan pikiran visual ke dalam bahasa verbal, juga membantu mereka menjadi problem solver.

Nah, melihat begitu banyaknya manfaat membuat komik, tak ada salahnya pelajaran ini Anda jadikan metode alternatif mengajar siswa belajar.

*diterbitkan pertama kali oleh penulis di UCWEB

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.