Buku Catatan Untuk Anak Prasekolah

Buku Catatan untuk Anak Prasekolah? Apa itu? Ya, mungkin begitu yang ada di benak anda semua saat membaca judul ini. Saya sendiri pada mulanya tidak kepikiran membuat buku catatan ini. Saya cuma fokus membuat binder homeschooling untuk dua putri saya yang sudah berusia di atas tujuh tahun. Tapi kemudian, ketika Mahreen melihat kakak-kakaknya asyik mengerjakan binder homeschooling mereka, ia pun jadi tertarik dan minta saya membuatkan satu untuknya. Akhirnya saya merancang sebuah buku catatan seperti yang foto-fotonya terlihat di bawah ini. Setiap lembaran di buku catatan ini khusus saya buat untuk mengembangkan kemampuan berpikir (juga memperkuat kemampuan berpikir abstraknya).

Berikut penjelasan dari lembaran yang ada di dalamnya:

  1. Lembar Hari Ini. Merupakan lembaran ‘diari’ yang mengajak anak untuk menceritakan kejadian menarik yang ia alami hari ini. Anak bercerita melalui gambar. Banyak manfaat yang didapat kalau anak-anak prasekolah menceritakan hari yang dilaluinya dengan gambar. Diantaranya kita bisa tahu emosi yang ia rasakan terhadap seseorang. Lebih jauh tentang hal ini bisa dibaca artikel Misteri di Balik Gambar Anak-anak BerikutSelain itu, juga ada kotak cuaca, tempat anak-anak bisa menandai cuaca di daerahnya pada hari itu. Ini sekalian melatih kemampuan mengamati (secara sederhana). Untuk jangka panjang, lembaran cuaca ini bisa menjadi bahan anak belajar data (kalau sempat suatu saat saya posting materi tentang ini)
  2. Lembar Hurufku Hari Ini. Merupakan lembar mengenal huruf untuk anak-anak. Jadi, orang tua tidak menentukan huruf apa yang akan diajarkan pada anak, tapi anak sendiri yang memilih hurufnya. Bisa jadi anak-anak hanya memilih huruf-huruf dalam namanya sendiri. Ya nggak masalah. Di lembaran ini ada kotak di sebelah kananya, tujuannya supaya anak-anak bisa menggambar benda yang dimulai dari huruf yang ia pilih. Misal, jika ia memilih huruf M, orang tua bisa memberitahu nama-nama benda yang dimulai dari huruf itu, misalnya: matahari dan mawar. Di bawahnya ada kotak ‘tulisanku’. Anak-anak bisa belajar menulis kata yang mewakili nama benda (misal:  m-a-t-a-h-a-r-i)
  3. Lembar Angkaku Hari Ini (1-10). Sama dengan lembaran huruf, hanya saja ini di sini anak belajar angka. Di sebelah kanannya ada kotak yang bisa ia gunakan untuk menggambar sebuah benda sesuai jumlah yang ia pilih. Misal, ia menulis angka 6, maka ia bisa menggambar enam kue di kotak tersebut. Orang tua bisa mengajarkan anak berhitung melalui kotak di bawahnya. Tetapi, orang tua tidak mengajar berhitung dengan angka, cukup melalui gambar. Misal, 2 permen + 3 permen = ….permen.
  4. Lembar Buku yang Dibaca. Nah ini merupakan lembaran untuk melatih anak mengungkapkan apa yang sudah ia dengar. Lembaran ini merupakan benih pelajaran mengulas dan menganalisis sesuatu.

Silakan diunduh di tautan berikut

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.