Apa Perbedaan Metode Pendidikan Montessori, Charlotte Mason dan Waldorf? (bag 1)

Semenjak fokus mendidik anak dengan metode homeschooling, saya cukup sering mengunjungi berbagai seminar parenting dan pendidikan, serta bergabung dengan beberapa grup diskusi parenting. Apa yang mencolok perhatian saya dari setiap seminar atau diskusi itu adalah, bermunculannya konsep-konsep pendidikan ‘baru’ yang digadang-gadang lebih unggul dan lebih sesuai dengan jiwa manusia. Kenapa kata ‘baru’ saya beri tanda kutip? Karena sebenarnya, apa yang disebut baru itu sejauh ini (saya perhatikan) hanya sebatas nama. Konsepnya tak jauh berbeda dari konsep-konsep pendidikan yang sudah ada. Ada yang mencampur semua metode pendidikan itu (seperti yang juga banyak dilakukan sekolah-sekolah atau para pendidik di negara maju), ada yang nyaris 100% sama dengan konsep yang sudah ada.

Setidaknya ada tiga metode pendekatan pengajaran yang umum digunakan di seluruh dunia, yaitu, Montessori, Mason dan Waldorf. Metode pendidikan homeschooling saya sendiri sebenarnya lebh cenderung ke Waldorf, meski juga mengambil metode Montessori dan Mason sedikit. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini saya jabarkan secara singkat ketiga metode pendidikan itu dan apa perbedaannya.

Montessori

Ini adalah metode pendidikan yang cukup umum di Indonesia. Di TK tempat saya mengajar dulu, metode ini bisa dikatakan digunakan 100% di semua kelas. Montessori lebih menekankan pada pelibatan semua indra saat belajar. Jadi, anak-anak tidak hanya disuruh membaca dan mendengarkan, tapi juga melakukan sesuatu dengan tangan dan kakinya. Tak ada jadwal khusus dalam Montessori, selama anak masih suka mengerjakan aktivitasnya, maka selama itu pula dia akan belajar. Lingkungan yang kondusif/suasana tenang sangat penting di sini. Hal yang cukup menonjol juga dalam Montessori adalah, kecakapan membaca dan menulis diajarkan saat anak masih berada di usia TK. Jadi, kalau ada orang yang menganggap penting mengajarkan huruf di usia TK, bisa dikatakan dia pengikut Montessori.

Lalu bagaimana dengan metode Charlotte Mason? Berikutnya …

 

Share Button

2 Replies to “Apa Perbedaan Metode Pendidikan Montessori, Charlotte Mason dan Waldorf? (bag 1)”

Leave a Reply

Your email address will not be published.