Materi Homeschooling Untuk Prasekolah Tema Aku

Tema pelajaran untuk anak-anak prasekolah sebaiknya dimulai dari yang dekat dengan mereka, misalnya tentang diri sendiri, keluarga, benda-benda di sekitar rumah dan lainnya. Ini membuat mereka akan lebih terhubung dengan pelajaran-pelajaran itu sehingga cepat paham. Kalau dieksplorasi lebih jauh, sebenarnya, dari tema yang dekat-dekat ini, orang tua bisa merancang ratusan bahkan sampai ribuan pelajaran. Ini saya alami sendiri. Semua pelajaran homeschooling anak-anak–bahkan sampai hari ini–saya awali dengan hal-hal yang mereka kenal dengan baik. Bahkan, pelajaran¬†History of the World sekalipun, biasanya saya awali dengan segala sesuatu yang sudah mereka tahu sebelumnya. Ini membuat pelajaran tersebut lebih bermakna.

Yes, makna, adalah bagian terpenting dari sebuah pelajaran. Semua orang, nggak peduli anak-anak atau bukan, pasti akan menemukan kesulitan dalam memahami sesuatu kalau mereka tak mengerti apa makna pelajaran itu bagi mereka. Ini juga jadi jawaban kenapa sebagian anak-anak di sekolah tidak paham apa yang dipelajari. Mereka kesulitan memahami matematika atau pelajaran Bahasa Indonesia, karena gagal mendapatkan makna pelajaran itu untuk diri sendiri.

Berikut ini adalah salah satu materi homeschooling anak saya yang masih di usia prasekolah. Materi ini bertema “Aku”. Dalam materi ini anak akan diajak mengenali dirinya sendiri. Ia diajak menjelaskan sesuatu melalui gambar-gambar. Kenapa gambar? Ya, karena rata-rata anak prasekolah belum bisa menulis.¬†Simpel.

Ini adalah tampilan salah satu lembaran materi. Silakan klik gambar untuk mengunduhnya.

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.