Buku-Buku Homeschooling yang Saya Rancang Untuk Tahun 2018 (bag. 1)

Yeayy … tahun baru datang bersama buku-buku baru untuk kegiatan homeschooling kami. Ada dua jenis buku yang kami pakai, pertama, buku yang dibeli dan kedua buku yang dibuat sendiri. Dibuat sendiri? Yep. Nggak salah. Salah satu risiko memilih menyusun kurikulum homeschooling sendiri adalah tidak mudahnya menemukan buku-buku yang diinginkan. Misalnya untuk pelajaran seni rupa, saya kesulitan menemukan buku sejarah seni rupa untuk anak di pasaran. Entah karena buku itu tidak sampai ke Padang, tidak terdeteksi oleh saya atau memang karena nggak ada yang buat. Saya tidak tahu. Untuk pelajaran-pelajaran lainnya, seperti matematika, sains dan bahasa Indonesia, memang saya menemukan buku-bukunya, tapi kebanyakan tidak sesuai dengan harapan saya. Jadi saya putuskan membuat sendiri buku-buku yang saya inginkan.

Buku-bukunya nih, Mahreen Everyday Math, My Amazing Maze dan My Finish The Drawing Book

Nah untuk beberapa waktu ke depan saya akan membagi info buku-buku yang saya buat sendiri untuk anak-anak saya. Buku yang saya buat cukup banyak, jadi saya akan memostingnya secara bertahap. Saya mulai mengerjakan semuanya sejak akhir November 2017. Yah, akhir tahun emang saat-saat yang sibuk bagi saya. Orang sibuk liburan, saya sibuk melototin laptop. Hasilnya, saya jadi sangat produktif menulis. Selama bulan Desember saya berhasil menelurkan belasan buku. Dan setelah selesai … saya tepar. Pengennya ngorok aja sepanjang hari. Ya sudahlah :v :v :v

Saya akan menampilkan sebagian buku dari dua mata pelajaran saja dulu ya. Saya bilang sebagian, karena untuk satu mata pelajaran ada beberapa buku ( … ntar, saya menghela napas dulu), dan itupun beda-beda untuk tiap anak karena anak saya tiga orang ( menghela napas lagi), kalau anak saya sebelas orang, mungkin saya sudah harus bikin penerbitan :v :v :v :v.

Okeh, karena kata sambutannya sudah terlalu panjang dan tak bisa ditoleransi lagi, saya akan tampilkan buku-buku itu. O ya, ini adalah buku untuk pelajaran matematika dan seni.

Mahreen Everyday Math.

Isi buku ini beragam, meski benang merahnya sama, yaitu matematika. Di dalamnya ada pelajaran pola, persepsi perseptual, grafik, menemukan perbedaan, menyambung titik-titik angka, dll. Saya tidak banyak memasukkan materi pelajaran berhitung di lembaran ini, karena pelajaran tersebut biasanya dilakukan dengan benda-benda seperti batu, kelereng, lidi, dll.

My Amazing Maze.

Maze untuk Ayesha (11 th)

 Maze merupakan satu di antara sekian materi penting dalam pelajaran matematika anak-anak saya. Ada alasan khusus tentang ini, yakni, maze mengajarkan anak cara berpikir logis. Maze juga mendorong anak untuk belajar melihat gambaran utuh dari sesuatu. Bagi saya, maze ikut membangun pondasi berpikir matematis seorang anak. Anak yang terbiasa berpikir, biasanya tidak akan mengalami terlalu banyak kesulitan saat mempelajari pelajaran matematika yang rumit. Pendapat ini bukan teori, tapi berangkat dari pengalaman pribadi saya sendiri dalam mendidik anak-anak. 

Nah, karena anak saya tiga orang, maka saya membuat tiga buku maze yang memiliki kesulitan berbeda. Maze untuk Mahreen tentu lebih mudah ya, karena dia masih lima tahun.

My Finish The Drawing Book. 

salah satu lembaran dalam My Finish The Drawing Book

Ini adalah buku untuk pelajaran seni anak-anak. Materi dalam buku ini mengasah daya imajinasi anak. Di tiap lembaran ada gambar yang tidak lengkap, anaklah yang akan melengkapi sesuai imajinasi mereka. Beda dengan buku maze yang memiliki tiga versi sesuai usia anak, buku ini cuma satu versi saja. Setiap anak mendapatkan kopian yang sama. Yah, inilah salah satu keistimewaan seni ya, satu materi bisa saja diberikan untuk beragam tingkatan usia. Yang membedakan nanti hanya hasilnya. Hasil mencerminkan daya serap dan daya cerap seseorang, juga mencerminkan kemampuan berpikirnya. Dalam hal ini tidak ada benar dan salahnya, sebab penilaian terhadap karya lebih bersifat estetik.

Pertanyaan: materinya dapat dari mana? Begini, setelah saya menyusun kurikulum dan menentukan materinya, saya baru mencari bahan-bahannya di internet. Nah, bahan yang saya temukan inilah yang kemudian dijilid.

Okeh, itulah beberapa buku homeschooling kami. Insyaallah nanti akan saya posting buku-buku lainnya. Ciaooo

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.