Maze Huruf untuk Prasekolah

Apakah anak prasekolah (<6 th) boleh belajar huruf dan angka? Menurut saya boleh-boleh aja sih selama tujuannya untuk membuat anak familiar dengan huruf, dan bukan membuat ia bisa cepat pandai membaca. Saya sendiri sudah mengenalkan bentuk-bentuk huruf dan angka pada anak-anak saya dengan berbagai cara. Misalnya dengan menggambar, mewarnai atau maze dengan aneka variannya. Menurut saya, untuk anak-anak, jauh lebih penting membuat ia familiar terlebih dahulu dengan huruf ketimbang memaksa ia mengingat dan menghapal bentuk huruf. Pelajaran aksara putri kedua saya, sampai jelang tujuh tahun, masih berupa  pengenalan huruf dan angka saja, tapi di usianya yang sekarang, 7,5 tahun, dia sudah bisa membuat resensi film dan buku di jurnal homeschoolingnya. Jadi, kalau kita ngajar anak dengan smooth, pelajaran akan cepat masuk ke kepala mereka, dan hasilnya bisa jadi melampaui harapan orang tua.

Pelajaran aksara anak praskeolah itu bagi saya sederhana saja: membaca buku cerita dan mengenalkan lambang (huruf dan angka). Jadi, jangan terlalu tinggi memberikan materi, nanti anak jadi bingung.

Berikut ini adalah lembaran maze huruf yang saya buat untuk anak bungsu saya yang baru berusia lima tahun. Ini adalah salah satu cara saya untuk membuat dia familiar dengan huruf. Jika Anda suka, anda bisa klik di sini untuk mengunduhnya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.