Buku Alfabet Berima “Dunia Abjad”

Bagaimana cara saya mengenalkan alfabet ke anak-anak? Pertama, dengan bacaan. Kedua, dengan bacaan berima. Sayangnya tidak banyak buku alfabet yang berima bahkan, bisa dibilang, selama bertahun-tahun pengelanaan saya di toko buku mencari buku anak-anak, saya tidak menemukan satu pun. Yang ada hanya buku cerita anak-anak berima, itu pun tidak banyak. Kalau tak salah ingat, saya baru menemukan satu saja. Seharusnya buku seperti itu cukup banyak di pasaran ya. Karena rima itu membantu anak untuk peka kata. Sepertinya kata-katanya terdengar sama, tapi ternyata artinya berbeda.

Nah, seperti prinsip saya selama ini, ‘jika kau tidak menemukan buku yang kau cari, maka buatlah’. Yap. Jadi saya membuat buku belajar huruf berima untuk anak terkecil saya. Sebelumnya saya membuat buku seperti ini juga yang saya jual sepaket dengan buku belajar membaca. Bisa dilihat di sini. Buku itu saya -print, dijilid, dan sekarang sudah nggak jelas bentuknya di rumah karena sering dimainkan dan dicoret-moret anak. Soalnya, di lembaran itu juga ada lembaran maze huruf dari A-Z yang saya buat untuk memaksimalkan kemampuan motorik halusnya. Syukur buku itu bisa saya print dan jilid lagi (dan dicoret-coret lagi :v :v :v ).  Jadi ini sebabnya ya kenapa saya lebih suka menjual paket belajar saya dalam bentuk ebook (kemarin itu ada beberapa pembaca yang nanyain), soalnya buku itu sudah pasti akan menjadi wadah kreativitas anak. Ya kalau nggak digambarin, kalau nggak, dibolak-balik terlalu sering sampai akhirnya jadi robek. Kalau bentuknya ebook kan bisa di-print dan dijilid lagi, kan lebih hemat. Apalagi kalau orang tua punya anak prasekolah lebih dari satu orang. Dengan harga satu buku bisa dipakai untuk beberapa anak, berulang kali :D.

Okeh, kembali ke Buku Alfabet Berima “Dunia Abjad”.  Ini adalah buku mengenal alfabet berima yang saya buat untuk Mahreen (5 th). Tiap lembar memiliki cerita sangat pendek tentang hewan-hewan yang namanya dimulai dari huruf abjad yang dimaksud. Sambil mengenal huruf, anak-anak juga akan mengenal rima kata. Mahreen senang sekali dengan buku ini. Kalau ada kata-kata yang dia tidak paham, biasanya dia akan bertanya apa maksudnya, dan di situ kesempatan saya menjelaskan. Kadang saya yang bertanya makna kata tertentu padanya. Misal, ‘bersuit itu apa?’. Kalau dia tidak tahu, saya akan jelaskan sambil menirukan suara suitan. Ini membuat kosa katanya bertambah.

Contoh halamannya bisa dilihat di gambar berikut.

Bagi yang suka, bisa mengunduhnya dengan cara mengeklik gambar berikut. Lembar ini bisa di-print lalu dijilid. Bisa menjadi bacaan menyenangkan menjelang tidur malam. Bagi guru prasekolah, lembaran ini mudah-mudahan bisa membantu mengenalkan abjad ke anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Ini adalah lembaran Dunia Abjad bagian pertama. Bagian berikutnya akan saya posting setelah ini.

Share Button

One Reply to “Buku Alfabet Berima “Dunia Abjad””

Leave a Reply

Your email address will not be published.