Buku Alfabet Berima “Dunia Abjad” L-Z

Hai, halo para mommies semua. Siapa nih yang menanti-nanti ebook “Buku Alfabet Berima” bagian kedua? Seperti biasa, buku alfabet ini adalah bagian dari pelajaran homeschooling di rumah. Mengajarkan huruf ke anak-anak prasekolah itu sebenarnya sederhana saja. Pertama-tama, buat kuping mereka peka terhadap bahasa terlebih dahulu, setelah itu baru kenalkan dengan lambang-lambang. Jangan dibalik ya. Kenalkan dengan lambang dulu, baru diajar dengan cerita. Ibarat pisau, pertama-tama tentu sebelum digunakan harus diasah dulu. Nah, mengenalkan anak pada bacaan adalah salah satu cara mengasah kepekaan tersebut. Cara lainnya? ya dengan nyanyian. Masih ingat lagu kanak-kanak kita dulu? Rata-rata kalimatnya berima. Misal, Balonku ada lima/rupa-rupa warnanya/merah kuning kelabu/hijau muda dan biru. Atau pelangi pelangi alangkah indahmu/merah kuning hijau/di langit yang biru.

Di Eropa, metode pengajaran bahasa yang mementingkan rima ini juga tampak dalam nursery rhyme (puisi atau nyanyian untuk kanak-kanak) yang sangat populer sejak abad pertengahan. Salah satu nursery rhyme yang terkenal itu adalah A Wise Old Owl 

A wise old owl lived in an oak
The more he saw the less he spoke
The less he spoke the more he heard.
Why can’t we all be like that wise old bird?

Nah, karena segala yang baik harus ditiru dan dilanjutkan, maka, bagi saya pribadi, pengajaran berbahasa untuk anak-anak meniru cara ini. Jadi, begitulah ceritanya kenapa saya kemudian membuat segala macam lembaran belajar alfabet berima untuk anak. Sebelumnya saya juga membuat paket lembaran belajar membaca alfabet berima ini, lengkap dengan maze 27 halaman (semua huruf) yang bisa dilihat di sini  . 

Okeh, kembali ke Buku Alfabet Berima. Ini adalah buku belajar bagian kedua (L-Z). Bagi yang belum sempat mengunduh bagian pertama, bisa klik di sini.

Ini adalah beberapa contoh halaman buku alfabet ini.

Nah, silakan klik gambar berikut untuk mengunduhnya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.