Maker Fest Bersama Tokopedia Dorong Kreator Lokal Jadi Brand Nasional yang Mendunia

Maker Fest. Apa itu?
Well, sebelum kita bicara soal event satu ini, baiknya kita intip dulu apa kata Bp. Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia soal peluang bisnis digital remaja zaman now

“Ekonomi digital memberikan ruang luas bagi anak muda Indonesia untuk berinovasi menciptakan peluang bisnis.”

Yezz … kira-kira anda semua sudah bisa menebak ya apa itu Maker Fest dari quote singkat ini? Maker Fest sejatinya adalah sebuah gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal. Gerakan ini bertujuan untuk mencari, mengedukasi dan memberi panggung bagi anak-anak muda Indonesia untuk mempresentasikan dan mengembangkan ide-ide kreatif mereka. Diharapkan, dari sini mereka bisa belajar cara membangun brand, hingga menjadi menjadi brand masa depan Indonesia yang mendunia.
Menurut William Tanuwijaya, chairman Maker Fest 2018, ide kegiatan kreatif ini terinspirasi oleh hasil karya para kreator Indonesia.

“Dalam perjalanan saya membangun Tokopedia, saya berkesempatan menyaksikan dengan dekat perjalanan banyak kreator Indonesia dengan visi dan misi serta produk yang bagus, namun sayangnya banyak yang mentok hanya di level UMKM. Saya yakin sebenarnya dengan ekosistem yang tepat, para kreator lokal dapat berkembang dari usaha kecil menjadi industri, dan dari industri menjadibrand-brand masa depan Indonesia yang mendunia. Untuk membangun ekosistem ini, Maker Fest hadir menjadi panggung penghubung dari para pemangku kepentingan terkait dimana para maker, platform marketplace, logistik, perbankan, investor, dan pemerintah berkolaborasi mewujudkan cita-cita besar ini bersama.”

Maker Fest Panggung Kreator Muda

Gerakan keren ini berkolaborasi dengan Tokopedia, didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif, Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, Kementrian Komunikasi dan Informatika serta JNe. Eitss … meski ini diselenggarakan bersama Tokopedia, namun acara ini bersifat inklusif, artinya terbuka buat anda, para kreator lokal yang memang punya passion untuk mengembangkan diri dan produknya.
Mau tahu apa yang unik dan luar biasa dari Maker Fest 2018?
1. Event ini membantu mengakselerasi bisnis para kreator lokal tanah air, melalui pengembangan keahlian dan pengetahuan. Ilmu itu mahal. Jarang-jarang kam ada kesempatan begini
2. Target utamanya adalah anak muda. Yezz, kids zaman now. Kenapa? Yukk simak apa kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.
“Lebih dari 30 persen pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah generasi milenial. Sebagai populasi terbesar, anak muda Indonesia masih memiliki potensi besar untuk turut mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia. Melalui program seperti Maker Fest, kami berharap ke depannya lebih banyak lagi pelaku bisnis kreatif Indonesia yang dapat memperluas skala usahanya, sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi, serta mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda lainnya.”
3. Maker Fest 2018 diadakan April-Desember 2018 di delapan kota di Indonesia. Apa saja kotanya? Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Di tiap kota, akan diselenggarakan berbagai kegiatan edukasi, workshop dan sesi sharing keterampilan. Para kreator juga dapat berkonsultasi dengan pelaku usaha, konsultan bisnis serta pengusaha ekonomi kreatif skalanasional mengenai tantangan dan solusi yang dihadapi dalam mengembangkan bisnis mereka. Termasuk dalam hal pengembangan SDM, inovasi, strategi pemasaran, branding, hingga akses ke permodalan.

Nah, jangan sampai ketinggalan event keren ini karena akan menghadirkan para kreator keren Indonesia. Salah satunya adalah Lizzie Parra, CEO dan pendiri By Lizzie Parra (BLP), brand kosmetik lokal yang sudah dikenal luas secara nasional.
Catat tanggalnya untuk di Padang, 21-22 April 2018 di Lapangan Imam Bonjol.  Ikuti Local Maker Competition 2018, kompetisi berkreasi untuk para kreator lokal yang ingin mengenalkan dan mengembangkan bisnisnya. Pemenang dari tiap kota akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival Maker Fest 2018 di Jakarta pada bulan Desember mendatang. Dari 24 peserta skala nasional, 10 finalis terbaik akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnisnya dan memberikan sesi workshop di depan para juri dan pengunjung Festival Maker Fest 2018.

Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan reward masing-masingsebesar Rp 1 Milyar, Rp 300 juta, dan Rp 200 juta sebagai modal untuk mengembangkanusahanya. Selain itu, pemenang juga mendapatkan reward lainnya berupa konsultasi kreatif dan produksi untuk branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional dan kesempatan berpartisipasi dalam pameran internasional, serta mengakses jalur distribusi ke ritel internasional.

Sooo, don’t miss it

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.