Materi Homeschooling Ramadhan: Free Printables

Aiiihh, Ramadhan datang kembali. Sejak kami memulai homeschooling, kami selalu menyambut Ramadhan dengan materi-materi khusus tentang tauhid dan sejarah Islam. Nah, karena udah tiga kali Ramadhan tema belajarnya itu melulu, meski ganti-ganti materi, tahun ini saya memutuskan sesuatu yang beda. Saya masih akan membuat materi belajar bertema tauhid dan sejarah Islam, tapi, pelajarannya nggak cuma itu tok. Sebabnya sederhana, sepanjang hari, sepanjang tahun, anak-anak memang udah belajar itu juga. Setiap malam dibacain sejarah para nabi dan rasul serta kisah-kisah sahabat, setiap hari baca dan menghapal Quran, setiap hari belajar doa-doa, setiap hari belajar sains, seni, bahasa dan segala macamnya dalam nafas keislaman, jadi, rasanya bukan sesuatu yang spesial lagi kalau saya mengangkat materi yang sama. Lagipula, belajar agama nggak cuma di bulan Ramadhan.

Jadi … selama bulan Ramadhan kali ini, nyaris tak ada perubahan materi belajar. Anak-anak tetap melanjutkan mengerjakan proyek-proyek belajarnya. Ayesha tetap bikin novel dan komiknya, tetap belajar fotografi dan desain. Alifa tetap saya fokuskan untuk mempelajari materi-materi dasar ilmu pengetahuan, sementara Mahreen tetap mempelajari materi writing readiness-nya. Nah, ini juga untuk memberitahu anak-anak, bahwa puasa tidak puasa, yang namanya kegiatan ya lanjut terus. Saat puasa kamu salat dan mengaji, di luar puasa ya kamu begitu juga. Bedanya paling dalam soal mengenali stamina diri. Karena tubuh tidak makan dan minum selama 14 jam, mereka harus menahan diri untuk melakukan kegiatan berat seperti lari-larian atau bersepeda dalam jangka waktu lama. That’s it. Satu lagi, karena Ramadhan sangat spesial, lipat gandakan ibadahnya. Pun  seluruh kegiatan  mesti diniatkan dalam rangka beribadah. Kalau mau tidur, niatkan tidur itu untuk memulihkan tubuh supaya bisa bekerja lagi esok hari. Nah, kalau niatnya baik begini, kan tidur jadi ibadah. Trus kalau mau makan, niatkan hanya memakan makanan yang memang dibutuhkan tubuh untuk menjadi kuat, supaya bisa melaksanakan berbagai kegiatan bermanfaat, nah, kalau udah begini, makan pun jadi ibadah. Pendek kata, ibadah itu meliputi seluruh aspek hidup. Mulai dari bernapas, mandi sampai tidur.

Yah, di luar Ramadhan pun, sebagai muslim, sikap hidup kita kan mesti begini juga ya. Itulah yang membuat kita bisa jadi muslim paripurna.

Nah, selain mengerjakan proyek-proyek belajar, saya juga memberikan materi l;ain seputar keislaman kepada anak-anak. Cumaaaa, karena jadwal saya padat banget sekarang, saya milih nyari printable gratisan aja di internet. Nggak sempat bikinnya. Saya cuma menentukan materi apa yang mau saya kasi ke anak, lalu baru deh di-googling. Nah, berikut ini adalah beberapa printable Ramadhan yang saya temukan. Sila meluncur ya. Printable-nya bagus-bagus. Sila klik gambar untuk meluncur ke tautannya ya

  1. Ini materi Ramadhan yang diilustrasi bagus banget. Saluut sama yang bikin. Saya sukaaa. Ada kartu wudhu, kartu belajar huruf hijaiyah, dll. Pokoke keren deh materi homeschooling Ramadhan yang satu ini

2. Mau bikin kalender Ramadhan yang keren? Cekidot yang ini

3. Ingin mewarnai langit dengan pemandangan siluet masjid? Keren banget. Sila meluncur ke sini

 

4. Ingin memberi lembaran mewarnai Ramadhan? Klik yang satu ini

5. Ingin memberi jurnal Ramadhan ke anak? Ini dia tautannya (berbahasa Inggris)

Nah, itulah dia beberapa printable Ramadhan asyik yang bisa diunduh untuk bahan belajar anak-anak selama Ramadhan nanti.

Selamat mengunduh 🙂

 

 

 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.