Materi Homeschooling: Belajar Huruf dan Maze (Huruf A-G)

Hai semua, kali ini saya mau cerita sedikit tentang usaha saya membuat Mahreen mengenal huruf latin, yang … meskipun sudah banyak cara saya lakukan, tapi dia tetap belum mengenalnya. Sebaliknya, dia malah lancar baca huruf hijaiyah, bahkan sekarang sudah sampai iqra’ 3. Sungguh luar biasa bikin mabok emaknya. Padahal dia sangat jarang diajarkan huruf hijaiyah.

Target saya mengajar anak usia <7 th membaca hanya satu: mereka mengenal semua huruf alfabet. Syukur-syukur kalau bisa mengeja/membacanya. Menurut pengalaman saya, khusus untuk dua anak pertama saya, mereka sudah kenal semua huruf alfabet saat berusia lima tahun. Yah saya pikir ini dikarenakan mereka terus dibacakan buku sejak bayi ya, jadi mudah bagi mereka mengingat semua huruf. Kenyataannya, teori ini nggak berlaku maksimal buat Mahreen, sehingga saya perlu usaha sedikit lebih keras untuk mengenalkannya (yang ternyata tidak berlaku buat huruf hijaiyah, karena Mahreen langsung mengingat semua hurufnya).

Tampilan buku alfabet Mahreen
Lembaran untuk menempel gambar yang huruf awalnya sesuai huruf yang dipelajari

Nah, kali ini usaha saya mengenalkan huruf adalah dengan membuat buku alfabet+maze. Jadi, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Dia paham alfabet plus belajar mengembangkan kemampuan logis matematisnya. Alhamdulillah kayake cara ini lebih berhasil dari cara-cara sebelumnya.

O ya, sedikit intermezzo aja, bagi kaum emak di luar sana, yang juga senasib dengan saya, berjuang supaya anaknya bisa mengenal huruf, ketahuilah bahwa menurut penelitian, rata-rata anak setidaknya perlu 200 kali pertemuan untuk bisa memahami maksud sebuah lambang (entah huruf atau angka). Jadiiiii …anda baru 40 kali ngajari anak membaca? Tenang, masih ada 160 pertemuan lagi yang harus dijalani :v :v :v :v

(yah angka ini kan rata-rata aja ya, sebagian anak bisa lebih cepat atau lebih lambat. Don’t worry too much, toh suatu saat semua anak juga bisa membaca insyaallah :D)

Baiklah, seperti biasa saya akan membagi materi belajar kami. Berikut ini adalah materi belajar huruf+maze alfabet Mahreen. Saya unggah yang huruf A-G dulu ya. Sila diunduh dengan cara mengeklik gambar di bawah. Teknis pembuatan buku alfabet saya cantumkan di materi. Feel free to print and share yaaa. 😀

Materi Homeschooling

Bagi yang ingin mengunduh gambar dengan huruf awal yang dipelajari, sila klik gambar di bawah ya. Saya mengeprint-nya di kertas stiker (saya belinya di grosiran, satu pak harganya 20 ribu, isi 20), jadi anak-anak tinggal menempelnya di buku alfabet ini.

gambar di-print di atas kertas stiker. Tinggal gunting, lepas perekat dan tempel

Materi H-N bisa diunduh di sini

 

 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.