Materi Homeschooling: Belajar Huruf dan Maze (O-Z)

Ini adalah bagian terakhir materi buku belajar huruf dan maze Mahreen. Saya membuat materi ini dengan tujuan membuat belajar membaca jadi lebih menyenangkan untuk anak-anak. Dengan materi ini mereka bisa mengerjakan maze (anak-anak biasanya suka memecahkan persoalan maze karena mereka masih makhluk dengan rasa penasaran tinggi), plus menempel stiker.

gambar yang di-print di atas kertas stiker. Tinggal gunting, lepas perekat dan tempel

Setelah orang tua menjilid huruf-huruf di dalam materi ini (saya sudah berikan petunjuk pembuatannya di lembar printable), orang tua bisa mengajarkan huruf kepada anak dengan mengingat hal-hal berikut:

  1. Tidak perlu beri anak target harus menyelesaikan berapa huruf dalam satu hari. Kalau maunya cuma mengerjakan satu huruf saja, ya ayo. Kalau mau mengerjakan semuanya, ya oke saja. Mahreen maunya mengerjakan tiga huruf sehari. Mulai dari mengerjakan maze, menempel stiker benda dengan awalan huruf yang dipelajari, sampai menulis nama benda yang dimaksud. Anak kecil, kalau dibebani target akan ngambekan. Pelajaran terasa sebagai beban. Anak stress emak pun stress. Akhirnya pembelajaran nggak berhasil. Jadi, baiknya target yang dipasang itu adalah target paling dasar, yakni bagaimana membuat anak merasa senang dan riang mengerjakannya. Itu saja.
  2. Kalau anak sudah kelihatan bosan, nggak usah dipaksa. Berikan dia aktivitas lain. Rentang perhatian anak sangat pendek. Umumnya satu menit kali tahun usia. Jadi kalau usia anak lima tahun, maka lama fokusnya ya cuma lima menit, enam tahun enam menit, begitu seterusnya. Jangan bosan menghadapinya, apalagi belum-belum udah nge-judge anak sebagai si pembosan, si ini si itu, dst
  3. Sabar dan rileks. Jika orang tua rileks, santai, anak pun akan rileks. Bila semua rileks, proses belajar mengajar akan menyenangkan

Okeh, itu saja tips dari saya. Silakan unduh tautan materinya di sini  

Materi A-G klik di sini

Materi H-N klik di sini 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.