Belajar Merancang Game Sederhana

Ada banyak cara untuk mengasah kemampuan berpikir anak-anak, di antaranya dengan mengajaknya merancang sebuah game sederhana. Merancang game? Kedengarannya sulit ya? Sebenarnya nggak kok, asal kita bisa menemukan metode dan materi yang cocok. Nah, berikut ini adalah sebuah game yang sengaja dirancang sangat visual, sehingga insyaallah mudah dipahami.

Materi ini merupakan materi belajar putri bungsu saya yang saat game ini diberikan masih berusia 5 tahun. Dia bisa mengerjakannya materi ini dengan baik.

Gambar di atas adalah salah satu halaman dalam lembar pdf ini. Di lembaran ini anak-anak diajak untuk menemukan rute tercepat dan termudah untuk si dinosaurus menuju kolam. Lembaran ini adalah pemahaman dasar pelajaran pemrograman atawa koding.

Gambar di atas adalah gambar lembaran dadu. Anak-anak diajak membuat dadu bergambar dinosaurus untuk game yang akan mereka rancang. Seperti apa papan game-nya? Sila lihat gambar berikut.

Nah gambar di atas adalah gambar papan permainannya. Jika anak sering diajak main ludo atau ular tangga, insyaallah akan mudah baginya merancang game-nya sendiri, tapi jika tidak, maka orang tua atau pendampingnya, bisa membantu ia berpikir.

Sebagai contoh"

  1. Setelah dadu dinosaurus dibuat, anak bersama orang tua bisa memberi nomor pada setiap sisi dadu, dari 1-6
  2. Gulirkan dadu
  3. Anak menjalankan koin permainannya sesuai angka yang keluar pada dadu