Berin Beruang Bersama Teman

Dalam mengajar seni menulis kreatif untuk anak, saya juga melakukan semacam riset sederhana untuk menemukan metode-metode belajar bahasa yang cocok untuk mayoritas anak, dan terutama, menyenangkan. Satu hal yang saya takuti dalam mengajarkan pelajaran yang satu ini adalah, murid-murid saya merasa tertekan, lalu jadi anti dengan pelajaran menulis. Jadi, pekerjaan utama saya di kelas-kelas menulis adalah membuat anak-anak senang dan nyaman. Bisa dikatakan porsinya mencapai 60% dari seluruh pelajaran. Sisanya baru kegiatan menulis. Jadi, kalau durasi kelas adalah 60 menit, 36 menit di antaranya lebih banyak dihabiskan untuk bersenang-senang saja. Jika anak senang, wilayah emosi otaknya aktif, dan itu membuat dia mudah menerima pelajaran.

Nah, metode komik ini adalah salah satu metode belajar yang saya temukan. Terus terang awalnya saya sedikti bingung dengan siswa-siswa saya yang meski sudah kelas 3-4 SD, tapi tidak bisa menulis kalimat dengan benar. Tidak tahu di mana menaruh tanda baca. Tidak tahu bagaimana cara menuliskan dialog. Dan yang paling menyulitkan, adalah anak-anak yang tidak suka menulis, apalagi menulis panjang. Akhirnya, setelah melakukan eksperimen dengan beragam metode belajar, saya menemukan metode yang satu ini. Metode komik ini sangat sederhana. Anak-anak, akan secara otomatis memilah-milah gagasan, untuk dimasukkan ke dalam balon-balon percakapan. Di sini, mereka akan secara otomatis membuat satu kalimat sempurna. Awalnya, sebagian anak-anak hanya menulis satu dua kata saja, bahkan ada yang cuma kata seru semacam, "Oh, Wow!" atau "Oke". Tapi kemudian, lama-lama mereka bisa menyusun satu kalimat dengan baik, dan akhirnya menyusun cerita sendiri dengan baik.

Belajar melalui komik juga sangat membantu anak belajar menyusun alur. Dan yang lebih penting, materi ini tidak memberatkan anak. Murid-murid saya sangat menyukai materi yang satu ini. Uniknya, meski materinya sama, namun alur cerita yang disusun setiap anak tidak sama. Ada yang membuat ceritanya jadi cerita komedi, bahkan cerita horor.

Materi berikut ini saya beri judul Berin Beruang Bersama Teman (anak boleh memberi judul sebndiri, atau bahkan memberi nama sendiri untuk semua karakter di komik ini). Karakter Berin sengaja saya ciptakan untuk materi belajar komik ini. Saya juga menambahkan halaman menulis untuk anak yang ingin menulis cerita utuh berdasarkan komik ini. Silakan mengunduhnya di kotak unduhan. Boleh digunakan secara personal maupun di sekolah/kelompok belajar (selama tidak untuk komersil).