Berin Beruang: Cerita Hantu

Serial menulis kreatif Berin Beruang kali ini beda dengan seri sebelumnya.  Kali ini saya merancang tiga variasi materi belajar untuk tiga tipikal pelajar.  Secara umum,  bagi saya sendiri, sesuai pengalaman di lapangan,  ada dua tipikal belajar anak saat menulis kreatif:

Pertama,  tipe naratif,  yaitu anak yang suka nulis panjang,

Kedua tipe visual,  yaitu anak yang lebih suka menyampaikan gagasan dengan banyak gambar.

Ada juga tipe ketiga,  yakni gabungan antara keduanya,  yaitu tipe visual naratif,  yakni anak yang sama-sama suka menyampaikan gagasan lewar gambar dan tulisan.  Namun,  pengalaman saya,  anak tipe ketiga ini, dalam perjalanannya akan condong ke salah satu tipe.

Nah,  materi berikut ini untuk mengakomodasi kedua atau ketiga tipe belajar ini.  Untuk mengetahui tipe manakah anak atau murid anda pada saat ini,  silakan diberi saja ketiga variasi materi ini.  Lihat,  dia nyamannya di model materi yang mana.

O ya,  sebagai info,  materi saya nggak 'satu template untuk semua anak'. Awalnya satu template satu tipe anak, namun dalam perjalanannya,  bila seorang anak masuk kelas saya,  saya akan merancang materi khusus untuk masing-masing anak.  Jadi,  tidak ada satu materi yang sama,  sebagaimana tidak ada dua anak yang benar-benar sama.

Gambar berikut adalah contoh variasi ketiga materi ini. Cerita bisa ditulis anak di bawah setiap gambar. Biasanya materi ini disukai anak yang sudah suka menulis kalimat panjang,  tapi kurang suka menulis dalam bentuk satu cerita utuh

Okeh,  sekian saja kata pengantarnya,  silakan mengunduh materi di kotak unduhan