Menyusun Buku Pelajaran Sendiri

Pelajaran homeschooling di keluarga saya disusun secara mandiri. Saya menyusun kurikulum belajar sendiri,  lalu mencari buku-buku yang sesuai dengan kurikulum tersebut.  Namun,  dalam perjalanannya,  hal itu tidak mudah,  karena banyak buku yang saya butuhkan tidak ada di pasaran,  atau kalaupun ada,  kurang memenuhi ekapektasi saya.  Maka solusinya adalah membuat buku pelajaran sendiri.

Buku berikut ini adalah salah satu buku yang saya maksud.  Buku ini merupakan buku untuk mata pelajaran Indonesia di keluarga saya.  Kenapa Indonesia jadi mata pelajaran?  Sederhana,  kita hidup di Indonesia toh,  ya anak tentu harus dikenalkan dengan negerinya,  yang nanti jadi identitasnya.  Materi dalam mata pelajaran ini cukup banyak,  di antaranya Indonesia Negara Maritim,  Indonesia Negara Agraris,  Indonesia dan Sejarah Kerajaan-Kerajaan Besar, Indonesia dan VOC,  dll.  Nah,  kini topiknya adalah Hutan Tropis Indonesia. Pelajaran ini satu paket dengan pelajaran sains.

Kami sebenarnya punya cukup banyak buku ensiklopedi populer tentang hutan,  tapi tak ada yang khusus menyorot hutan tropis Indonesia. Rata-rata buku tentang hutan tropis yang kami punya menyorot hutan tropis amazon. Ya,  dimaklumi aja,  soalnya buku hasil terjemahan. Saya belum dapat buku ensiklopedi populer yang khusus menyorot hutan tropis Indonesia.  Jadi,  untuk memenuhi kebutuhan itu,  saya susun sendiri bukunya.

Beruntung saya mendapatkan gambar-gambar tanaman dan hewan di hutan tropis dari Ensyclopedia Biology terbitan seratus tahun lalu,  yang direpro dan dipublikasikan dengan lisensi publik.  Saya nemunya via googling.

Berikut ini beberapa tampilan halaman dalamnya.

Foto di atas adalah foto halaman pertamanya, memuat definisi hutan hujan tropis.

Saya membuat bukunya dalam bentuk pop up seperti ini supaya lebih menarik bagi anak-anak

Ini lembaran dan ensiklopedi biologi yang saya temukan di internet

 

Ini lembaran tentang serangga hutan tropis,  berikut desain sayap mereka

Ini contoh tanaman di daerah tropis.  Saya menaruhnya di sini untuk memberi tahu aneka ragam keindahan hayati yang diberi Tuhan untuk Indonesia.

Di antara gambar ini ada yang saya ambil bukan dari ensiklopedi biologi. Saya mengeprintnya semata untuk pelajaran anak saya saja.

Dan reaksi anak saya adalah  … senang,  tentu saja.  Ketika sebuah materi belajar disajikan secara menarik,  tentu saja semangat belajarnya jadi bertambah.