Travels with The Little Prince: Novel Klasik Dalam Bentuk Buku Cerita Bergambar

Salah satu yang suka dari dunia penulisan buku anak di AS dan Inggris adalah, mereka sangat kreatif mengenalkan aneka buku klasik kepada pembaca muda. Satu novel klasik saja dibuat dalam berbagai genre. Semisal, The Little Prince yang aslinya adalah novel anak, dibuat versi cerita bergambar untuk anak prasekolah. Secara kreatif, penyusun buku ini memecah novel The Little Prince menjadi beberapa bagian yang memuat peristiwa-peristiwa besar yang menjadi titik tolak cerita dalam novel.

Saya sendiri memiliki cukup banyak versi novel klasik. Misal, untuk Peter Pan, saya punya empat versi. Satu versi asli yang ditulis J.M Barrie, dua versi fractured (versi reka ulang dengan perubahan pada beberapa bagian), dan satu lagi versi chapter book. Novel Alice pun saya punya beberapa versi. Selain versi asli, saya juga punya versi ilustrasinya. Saya suka ngumpulin aneka versi buku ini karena tertarik pada cara orang-orang mereka ulang cerita. Satu cerita yang sama bisa ditulis berkali-kali dan kita tetap menemukan kebaruan-kebaruan di dalamnya. Inilah kreativitas itu, dan inilah yang ingin saya ajarkan ke anak-anak saya. Belajar melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Buku berikut ini adalah versi cerita bergambar dari The Little Prince. Buku ini dibuat untuk anak prasekolah. Saya membelinya di Big Bad Wolf Tokopedia.Tujuan saya membeli buku ini bukan untuk mengenalkan cerita The Little Prince ke anak (karena mereka sudah baca versi aslinya), tapi untuk mengajarkan mereka cara memecah gagasan dan menyampaikannya dengan kreatif. Bagi anak-anak yang baru belajar bahasa Inggris, buku ini juga cocok untuk mereka, karena kalimat-kalimatnya sederhana.

 

Data buku

Judul: Travels with The Little Prince

Penerbit:HMHCO

Tahun terbit 2015

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.